Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Investor Indonesia Berpeluang Bisa "Trading" Saham di Malaysia

Kompas.com - 31/07/2017, 06:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Investor asal Indonesia berpeluang untuk bisa melakukan trading atau persagangan saham di Malaysia. Dalam hal ini, saham-saham yang ditransaksikan adalah saham syariah.

Hal itu muncul setelah Bursa Malaysia Berhad berniat untuk melakukan ekspansi dan memperkenalkan peluang cross border trading saham kepada investor Indonesia.

"Sekitar 90 persen masyarakat Indonesia beragama muslim tapi kita masih ketinggalan dibanding tetangga negara kita dalam investasi syariah," jelas Vice President Business Development RHB Sekuritas Berlian Juveny, sebagaimana dikutip dari Kontan, Senin (31/7/2017).

Sebagai informasi, RHB Sekuritas Indonesia adalah bagian dari kelompok RHB Bank Berhad yang berbasis di Malaysia dan menjadi perusahaan jasa finansial terbesar keempat di negeri tersebut.

Bursa Malaysia sendiri didominasi oleh saham syariah dengan jumlah mencapai 676 emiten atau sekitar 75 perusahaan dari perusahaan yang listing.

Berlian melanjutkan, kondisi tersebut memungkinkan terjalinnya kerja sama dengan Bursa Malaysia yang memilki banyak pengalaman dalam saham syariah dengan trading cross border.

"Bisa trading cross border, jadi kita bisa trading stok bursa Malaysia," jelas Berlian.

Melalui fitur cross border tersebut, investor Indonesia dapat melakukan jual beli saham emiten Malaysia dan juga sebaliknya.

Jamaluddin Noor Muhammad selaku CEO Chief Executive Officer untuk Bursa Malaysia Derivatives Berhad menjelaskan, saham yang dapat ditransaksikan hanya saham syariah yang telah melalui proses seleksi.

"Bila produk sesuai dengan syarat syariah, maka ia mendapatkan izin layak diperdagangkan," jelas Jamaluddin.

Berlian menjelaskan, regulasi saham syariah Indonesia kebanyakan mengadopsi Malaysia, maka transisi saham menjadi cross border tidak akan terlalu susah. "Bahkan regulasi Indonesia mengenai syariah lebih kaku dan konservatif," jelasnya.

Ketika ditanya mengenai tanggal rilis, Jamaluddin menyatakan pihaknya masih dalam tahap pengembangan dan belum dapat memberikan waktu pasti.

"Saat ini kami masih menjalin kerjasama dengan BEI dan berharap dalam waktu dekat akan dapat segera terlaksana," jelas Jamaluddin.

 

Berita ini diambil dari kontan.co.id dengan judul: Malaysia-Indonesia akan buka cross border trading

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com