Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Holding BUMN Jasa Survei Ditargetkan Terbentuk pada 2018

Kompas.com - 01/08/2017, 20:57 WIB
Moh. Nadlir

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian BUMN berencana membentuk holding BUMN di bidang jasa survei, inspeksi, dan sertifikasi pada 2018.

"Holding jasa survei, PTSI akan bergabung dengan Biro Klasifikasi Indonesia (BKI) dan Sucofindo. Kemungkinan tahun depan," kata Direktur Utama Surveyor Indonesia M Arif Zainudidin di Jakarta, Selasa (1/8/2017).

Tujuan pembentukan holding itu tak lain adalah untuk meningkatkan peran BUMN survei dan sertifikasi di Indonesia. Karena menurutnya, banyak pemain asing yang bergerak disektor sertifikasi di Indonesia, sehingga membuat pembentukan Holding Sertifikasi sangatlah penting bagi kelanjutan perusahaan sertifikasi pelat merah.

"Di sektor ini pemain asingnya banyak sekali, dengan terbentuknya holding diharapkan kita bisa kembali merebut pasar," kata Arif.

Arif menyebut, sampai saat ini pangsa pasar BUMN jasa inspeksi, pengujian dan sertifikasi di domestik baru mencapai 34 sampai 35 persen saja. Sedangkan sisanya masih dikuasai oleh pihak asing dan juga perusahaan swasta.

"Setelah holding, kita harapkan bisa mengambil pangsa pasar lebih besar dari asing maupun swasta," tutup Arif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com