Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pada Sembilan Proyek Regional Toshiba, Ada Nama Indonesia Disebut

Kompas.com - 02/08/2017, 16:11 WIB
Josephus Primus

Penulis

 
KOMPAS.com - Sebagaimana penjelasan Corporate Representative-Asia Toshiba Corporation and Managing Director Toshiba Asia Pacific Pte.Ltd Tatsuo Doko pada pergelaran kelima Indonesia International Geothermal Convention & Exibition di Jakarta pada Selasa (2/8/2017), perusahaan asal Jepang itu mempunyai sembilan negara untuk proyek energi terkini. "Proyek kami ada juga di Indonesia," tuturnya didampingi President Director PT Toshiba Asia Pasific Indonesia Shinpei Yamagishi.

Di Indonesia, Toshiba menggarap proyek turbin uap dan generator 2 x 1.000 Megawatt dan peralatan terkait serta gardu induk GIS 500 kiloVolt (KV) pada perluasan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Unit 5 & 6 Tanjung Jati, Jepara, Jawa Tengah. Berikutnya adalah turbin air dan generator 2 x 45 MW pada Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Malea di Tana Toraja, Sulawesi Selatan.

Sementara itu, proyek Toshiba untuk Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Sarulla Unit 1 sudah beroperasi pada Maret 2017. Dari kapasitas total 330 MW, Toshiba memasok 60 MW x 3 turbin uap dan panas bumi serta generator.

Proyek

Berturut-turut, Toshiba, kependekan dari Tokyo Shibaura Electric Cp. Ltd, menggarap proyek di India untuk rekayasa, produksi, instalasi, dan testing dari peralatan T&D. Sementara di Myanmar, proyek Toshiba adalah generator untuk PLTA Upper Yeywa 308 MW.

Selanjutnya, di Singapura, ada proyek sistem otomatisasi pos terintegrasi. Di Malaysia ada proyek teknologi ultra-super critical 2x1.000 MW pada PLTU Batubara Jimah.

Lantas, di Laos, Toshiba yang mengubah nama menjadi Toshiba Corporation pada 1984, menggarap proyek turbin air dan generator 3 x 44 MW pada PLTA Nam Ou Stage 4. Di Thailand ada proyek sistem kereta api dan jasa perawatan di Purple Line.

Kemudian, ada dua proyek di Vietnam yang digarap Toshiba. Pertama adalah turbin uap dan generator 600 MW pada perluasan PLTU Batubara Vinh Tan 4. Kedua, proyek Sistem Transportasi Cerdas Vietnam untuk Jalan Besar Utara-Selatan.

Terakhir, di Kamboja, Toshiba menggarap konstruksi 150 MW PLTA Batubara pada Cambodian Energi II CO.Ltd.   

Corporate Representative-Asia Toshiba Corporation and Managing Director Toshiba Asia Pacific Pte.Ltd Tatsuo Doko (kiri) dan President Director PT Toshiba Asia Pasific Indonesia Shinpei Yamagishi (kanan) menjelaskan perkembangan bisnis Toshiba di Indonesia saat IIGCE 2017 di Jakarta pada Rabu (2/7/2017). 
Kompas.com/Josephus Primus Corporate Representative-Asia Toshiba Corporation and Managing Director Toshiba Asia Pacific Pte.Ltd Tatsuo Doko (kiri) dan President Director PT Toshiba Asia Pasific Indonesia Shinpei Yamagishi (kanan) menjelaskan perkembangan bisnis Toshiba di Indonesia saat IIGCE 2017 di Jakarta pada Rabu (2/7/2017).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com