Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menhub: Dalam Satu Hari, Tiga Orang Meninggal karena Kecelakaan

Kompas.com - 03/08/2017, 14:14 WIB
Achmad Fauzi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyatakan bahwa dalam satu hari terdapat tiga kecelakaan yang terjadi di jalan. Kecelakaan tersebut lebih banyak terjadi pada sepeda motor.

"Satu hari bisa tiga orang meninggal karena kecelakaan. Itu satu angka yang dahsyat sekali, bisa dibayangkan kalau itu keluarga kita, dan 70 persennya terjadi pada sepeda motor," ujar Budi Karya saat menghadiri FGD Keselamatan Transportasi Publik di Hotel JS Luwansa Jakarta, Kamis (3/8/2017). 

Meski demikian, mantan Direktur Utama PT Angkasa Pura II ini tidak serta merta untuk melarang masyarakat menggunakan sepeda motor karena banyaknya kecelakaan. Sebab, harus adanya angkutan umum yang memadai untuk mengurangi penggunaan sepeda motor. 

Misalnya, saat ini di Jakarta telah ada angkutan transportasi masal seperti Transjakarta. Namun, hal tersebut belum bisa mengakomodasi masyarakat Jakarta.

Karena itu, perlu angkutan transportasi massal lainnya untuk mengakomodasikan angkutan di Jakarta. Salah satunya, Mass Rapid Transit Jakarta (MRT) atau Angkutan Cepat Terpadu Jakarta.

Dengan ini transportasi ini, Budi meyakini bahwa penurunan sepeda motor akan terjadi?. "Saat ini kami belum memberikan angkutan massal yang baik di Jakarta dan di kota besar. Oleh karenanya, Kita punya Transjakarta, MRT akan selesai, LRT juga akan selesai. Ini relatif kita andalakan bisa lebih baik," pungkas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com