Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/08/2017, 13:48 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

LONDON, KOMPAS.com - Miliarder dan mantan walikota New York Michael Bloomberg mensinyalir Presiden AS Donald Trump berbohong soal kekayaannya. Menurut Bloomberg, Trump bisa saja sebenarnya bukan merupakan seorang miliarder.

Mengutip Independent, Jumat (4/8/2017), dalam sebuah wawancara dengan media Jerman Spiegel pekan lalu, Bloomberg menduga Trump sebenarnya tidak benar-benar kaya raya. Bloomberg pun menilai, Trump bisa saja berbohong soal berapa sebenarnya kekayaannya.

"Saya tidak tahu bagaimana menjelaskannya. Biarkan saya menyusun pernyataan ini dengan hati-hati, saya tidak tahu seberapa besar kekayaan orang lain sebenarnya," ujar Bloomberg.

Pernyataan ini merujuk pada pertanyaan mengenai siapa yang lebih kaya, Trump atau Bloomberg. Kemudian, Bloomberg diajukan pertanyaan apakah sebenarnya Trump bukan seorang miliarder.

"Saya tak mengatakan demikian. Anda yang menyatakannya," ungkap Bloomberg singkat.

Kekayaan Trump saat ini diestimasikan sebesar 3,5 miliar dollar AS oleh Forbes. Sejak lama, muncul banyak perdebatan dan spekulasi terkait kekayaan Trump, dan sang presiden pun sensitif terkait trasparansi kekayaannya.

Dalam sebuah artikelnya, Forbes sendiri pun menyatakan beberapa miliarder memiliki tendensi komplain bahwa estimasi kekayaan mereka terlalu tinggi atau terlalu kaya.

Adapun Trump selalu menegaskan secara rinci berapa kekayaannya. Pada tahun 2015 silam, Forbes mengestimasikan kekayaan Trump mencapai 4,5 miliar dollar AS.

Sementara itu, saat ini kekayaan Bloomberg diperkirakan mencapai 47,5 miliar dollar AS. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com