Semua Gerbang Tol Akan Gunakan Transaksi Elektronik, Bank Mandiri Siap - Kompas.com

Semua Gerbang Tol Akan Gunakan Transaksi Elektronik, Bank Mandiri Siap

Sakina Rakhma Diah Setiawan
Kompas.com - 08/08/2017, 16:54 WIB
Transaksi non-tunai menggunakan kartu e-toll cuma butuh waktu 2-3 detik(GARRY ANDREW LOTULUNG/Kompas.com) Transaksi non-tunai menggunakan kartu e-toll cuma butuh waktu 2-3 detik

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada Oktober 2017, seluruh transaksi di gerbang tol ditargetkan telah dilakukan secara nontunai. PT Bank Mandiri menyatakan siap mengimplementasikan pembayaran non tunai dengan kartu elektronik di seluruh gerbang tol. 

Menurut Direktur Technology & Digital Banking Bank Mandiri Rico Usthavia Frans, dalam pengimplementasian transaksi nontunai di gerbang tol, Bank Mandiri terus melakukan koordinasi dengan pihak terkait.

Koordinasi antara lain dilakukan dengan Bank Indonesia (BI) dan Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT).

"Kami siapkan untuk penjualannya, top up (isi ulang)-nya kita masih koordinasi dengan Bank Indonesia dan operator tol juga," kata Rico di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Selasa (8/8/2017).

Menurut dia, ada beberapa perusahaan penyelenggara jalan tol yang menyatakan belum siap dalam segi infrastruktur. (Baca: Volume Transaksi "E-money" Tembus Rp 320 Miliar)

Namun Bank Mandiri bersama bank-bank lainnya yang ikut dalam penyelenggaraan layanan non tunai di gerbang tol, terus mendorong perusahaan penyelenggara tol untuk sama-sama melakukan pembenahan.

"Secara infrastruktur saya rasa sudah siap, jadi nanti tinggal implementasinya bagaimana kita nanti tinggal koordinasi dengan BPJT. Secara infrastruktur sudah siap tinggal eksekusinya saja," jelas Rico.

Selain itu, juga masih ada beberapa hal yang harus segera diselesaikan. Salah satunya adalah mengedukasi masyarakat terkait dengan pembayaran non tunai menggunakan e-money di gerbang tol.

Oleh sebab itu, imbuh Rico, pihaknya akan melakukan uji coba dalam waktu dekat ini.

Selain itu, Bank Indonesia (BI) juga sudah menerbitkan aturan bagi lembaga keuangan yang ingin berpartisipasi dan harus mengikuti standar yang ditetapkan BI.

Sebagai contoh, untuk kartu elektronik yang akan dijadikan alat pembayaran, spesifikasinya akan diatur BI agar seragam dan lebih mudah dibaca alat pembaca kartu.

Kompas TV Pengguna E-Money Dapat Diskon Saat Mudik

PenulisSakina Rakhma Diah Setiawan
EditorAprillia Ika
Komentar
Close Ads X