Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Produksi Indomie Tak Terpengaruh Kelangkaan Garam

Kompas.com - 09/08/2017, 18:30 WIB
Pramdia Arhando Julianto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Produsen mie instan PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk memastikan kelangkaan garam konsumsi yang terjadi beberapa waktu lalu tidak mempengaruhi proses produksi perusahaan.

Direktur PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk, Franciscus Welirang mengatakan, saat ini perseroan tidak merasakan gangguan pasokan garam, karena selama ini Indofood dalam proses produksinya hanya menggunakan garam industri bukan konsumsi.

"Garam yang kami butuhkan adalah garam untuk industri makanan. Itu berbeda, harus aman dan bersertifikat," ujarnya saat konfrensi pers di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Rabu (9/8/2017).

Franciscus Welirang menejelaskan, pasokan garam industri saat ini tidak mengalami gangguan apapun karena berdasarkan regulasi pemerintah pasokan garam industri diperbolehkan untuk importasi langsung.

"Yang diimpor tidak serta merta kami pakai, harus diolah dulu oleh perusahaan yang bersertifikat. Apalagi kami harus mengekspor bumbu sampai 100 juta dollar AS," jelasnya.

Namun demikian, pihaknya tak menutup kemungkinan menggunakan garam produksi lokal sebagai bahan baku, jika telah sesuai dengan standar yang digunakan industri.

"Kalau garam lokal bisa diolah dan sertifikat aman, kami pasti pakai," tambanya.

Sebelumnya, guna mengatasi persoalan kelangkaan garam konsumsi yang terjadi, pemerintah sepakat melakukan importasi garam sebanyak 75.000 ton dari Australia dengan menugaskan PT Garam yang akan mulai didatangkan pada 10 Agustus 2017.

(Baca: Bos Indofood Ragu Daya Beli Masyarakat Disebut Turun)

Kompas TV Inilah Saham Menarik Selama Bulan Ramadhan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com