Tiga Fokus Ini Syarat Majukan UKM Kreatif - Kompas.com

Tiga Fokus Ini Syarat Majukan UKM Kreatif

Josephus Primus
Kompas.com - 10/08/2017, 13:18 WIB
Pria belanja onlineZinkevych Pria belanja online

KOMPAS.com - Ada tiga fokus yang menjadi syarat agar usaha kecil dan menengah (UKM) kreatif semakin maju. Ketiganya adalah terbinanya keterampilan dan kemampuan berbisnis, tersedianya platform berjualan, dan terdorongnya citra dan pemasaran produk.

Ketiga fokus ini, terangkum dalam kerja sama inisiatif #KamuJugaBisa dalam program roadshow  #upgradeUKM yang digelar destinasi belanja dalam jaringan (daring) Lazada dengan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf). Rilis yang diterima Kompas.com, kemarin, membeberkan hal tersebut.

"Kami mulai bulan Agustus dan menjangkau 11 kota potensial di Indonesia,"  kata Florian Holm, Co-CEO Lazada Indonesia.  

Menurut Florian, hal penting dalam kegiatan ini juga adalah meningkatkan jumlah titik pusat perekonomian baru di Indonesia. Lantaran alasan itu, Lazada juga menggandeng Facebook dan SiCepat. Di setiap kota, antara lain Surabaya dan Medan, pihak Lazada mengadakan seminar dan forum edukasi mengenai industri perdagangan secara elektronik (e-commerce) dan ekosistem digital beserta potensi-potensi yang dapat diraih di masa depan kepada para wirausahawan, termasuk para pedagang dan UKM setempat.

“Saya harapkan para pelaku UKM di berbagai daerah, terutama UKM kreatif, memanfaatkan kesempatan yang dihadirkan melalui program #UpgradeUKM ini dengan baik," jelas Wakil Kepala Bekraf Ricky Pesik dalam kesempatan peluncuran tersebut.

Florian mengungkapkan, sejak beberapa waktu lalu Lazada memberikan fasilitas gratis ongkos kirim kepada para pelanggan. Ini merupakan kemudahan bagi anggota masyarakat berbelanja daring melalui Lazada.

Saat ini, Lazada mempunyai tiga gudang di Jakarta, Surabaya, dan Medan. Menurut Florian, gratis ongkos kirim akan berlangsung seterusnya dengan syarat berat barang maksimal 7 kilogram dan konsumen berbelanja minimal Rp 50.000. Florilan mengklaim sudah ada 30.000 UKM mulai dari sektor usaha garmen, fashion, furnitur, makanan, dan sebagainya yang bergabung di Lazada.


PenulisJosephus Primus
EditorJosephus Primus
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM