Usia 24 Tahun, Wanita Ini Jadi Miliarder Termuda China - Kompas.com

Usia 24 Tahun, Wanita Ini Jadi Miliarder Termuda China

Sakina Rakhma Diah Setiawan
Kompas.com - 10/08/2017, 17:21 WIB
Ilustrasi e-commerceThinkstock/Daviles Ilustrasi e-commerce

BEIJING, KOMPAS.com - Zhang Zetian atau yang akrab disapa Nancy terlihat seperti wanita muda usia 24 tahun lain yang senang tampil cantik. Namun, bedanya adalah Zhang masuk dalam daftar 500 Chinese New Fortune versi Forbes pada Mei 2017 lalu.

Dengan demikian, Zhang adalah miliarder wanita termuda di China. China sendiri merupakan rumah bagi banyak miliarder wanita muda, banyak di antaranya memperoleh kekayaan dengan usahanya sendiri.

Mengutip Business Insider, Kamis (10/8/2017), Zhang pertama kali dikenal luas di China pada tahun 2009 lalu. Kala itu, fotonya yang sedang memegang cangkir teh menjadi viral. Saat itu Zhang masih remaja.

Kemudian, pada tahun 2014 silam, Zhang membintangi sebuah video promosi Olimpiade Pemuda musim panas yang diselenggarakan di Nanjing. Namun demikian, Zhang kemudian tidak ingin menuai ketenaran lebih lanjut.

Menurut harian South China Morning Post, Zhang pun menolak peran dalam sebuah film yang digarap sineas kawakan China, Zhang Yimou.

Zhang menempuh pendidikan tinggi di universitas bergengsi China, Tsinghua University pada tahun 2011. 

(Baca: Geser Bill Gates, Jeff Bezos Jadi Orang Terkaya di Dunia)

Ia pun menghabiskan waktu satu tahun dalam program pertukaran mahasiswa di Barnard College, New York, AS. Di sanalah ia bertemu dengan pria yang kemudian menjadi suaminya, Liu Qiangdong, yang usianya 19 tahun lebih tua dari Zhang.

Keduanya, menurut majalah New Fortune, mengelak hubungan asmara mereka dan mengatakan hanya sebatas teman sekelas. Liu sendiri saat ini adalah orang terkaya ke-16 di China.

Pun Liu menempati posisi 174 dalam daftar orang terkaya di dunia. Liu tak lain adalah pendiri dan CEO perusahaan e-commerce JD.com, yang merupakan salah satu saingan utama Alibaba.

JD.com memiliki sekitar 236 juta pengguna aktif per akhir tahun 2016 dibandingkan dengan pengguna aktif Alibaba yang mencapai 423 juta. Zhang dan Liu menikah pada Agustus 2015. Putri pertama mereka lahir pada Maret 2016.

Beberapa bulan kemudian, pasangan tersebut berinvestasi pada perusahaan susu formula untuk bayi di Australia.

Mereka membeli 17,3 persen saham Bubs Australia. Namun, investasi itu bukan satu-satunya bagi Zhang dan Liu. Portfolio investasi pribadi Zhang dan sang suami mencakup enam perusahaan, termasuk Uber China.

Zhang, yang kini adalah seorang investor aktif, dapat dikatakan menjadi salah satu sosok di balik kesuksesan JD.com.

Pasalnya, ia membantu mempromosikan unit bisnis mode dan barang-barang mewah JD.com. (Baca: Para Miliarder Ini Ogah Wariskan Kekayaan ke Anak Cucu)

Kompas TV Setelah tak lagi menjadi Presiden Amerika Serikat, Barack Obama menjalani liburan yang menyenangkan di Kepulauan Karibia. Mantan Presiden AS ini ditantang untuk melakukan kitesurfing

PenulisSakina Rakhma Diah Setiawan
EditorAprillia Ika

Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM