Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Dorong Industri Mobil Listrik Domestik

Kompas.com - 11/08/2017, 22:13 WIB
Moh. Nadlir

Penulis

TANGERANG, KOMPAS.com - Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla mengatakan bahwa Pemerintah akan menjamin kemudahan pengembangan industri mobil listrik di dalam negeri.

"Bagi Indonesia ini kebijakan pemerintah. Pemerintah akan beri kemudahan dan aturan yang baik untuk mobil listrik," kata Kalla di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City, Tangerang Selatan, Jumat (11/8/2017).

Menurut Kalla, pengembangan mobil listrik atau hybrid di Indonesia merupakan tantangan yang harus dijalankan. Sebab, mobil listrik merupakan salah satu objek penting dalam pemeliharaan lingkungan.

"Dunia sudah sangat peka. Di dunia ini ada dua hal yang bersifat universal yang menjadi perjuangan semua orang, yaitu demokrasi dan lingkungan," ujar Kalla.

Tak hanya itu, Pemerintah juga menjamin ketersediaan tenaga listrik bagi pengembangan mobil listrik di Tanah Air. Terlebih dengan proyek pembangkit listrik 35.000 MW yang saat ini dikebut untuk diselesaikan.

"Sumber daya listriknya juga tantangan. Bayangkan kalau tiap malam 2 juta mobil yang di charge berapa MW yang dibutuhkan. Belum lagi 250 juta handphone di charge pada saat yang sama tentu kebutuhan listrik akan melonjak," kata Kalla.

"Jika nanti terlaksana, tujuh tahun yang akan datang tidak akan ada lagi peak hour. Karena setiap saat peak hour dengan adanya charger mobil di seluruh Indonesia. Makanya infrastruktur kita juga harus siap," tutup Kalla.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com