Kemenhub akan Bangun Bandara Gading di Gunung Kidul - Kompas.com

Kemenhub akan Bangun Bandara Gading di Gunung Kidul

Achmad Fauzi
Kompas.com - 13/08/2017, 08:39 WIB
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi saat meninjau proyek Bandara Syamsudin Noor di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Jumat (14/7/2017).KOMPAS.com/SAKINA RAKHMA DIAH SETIAWAN Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi saat meninjau proyek Bandara Syamsudin Noor di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Jumat (14/7/2017).

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan Budi Karya Sumadi merencanakan pembangunan bandara di kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.

Nantinya, bandara tersebut dinamakan Bandara Gading.

"Bandara Gading kan dimiliki oleh TNI Angkatan Udara. Kalau KSAU setuju, pembangunannya akan dimulai pada tahun 2018 dan paling lambat 2019 sudah bisa selesai," ujar Budi Karya dalam keterangannya yang diterima, Minggu (13/8/2017).

Mantan Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) ini menuturkan, bandara tersebut rencananya akan dibangun pada tahun 2018 dan ditargetkan selesai pada 2019.

"Pertama Pemerintah akan izin ke KSAU bahwa ada bandara yang belum dikelola dengan baik. Kemudian akan merencanakan menjadi bandara kegiatan-kegiatan turis dan akan segera membangun infrastruktur pendukung. Panjang landasan terbangnya sekitar 1.600 meter," jelas dia.

Nantinya bandara tersebut hanya bisa didarati oleh jet pribadi dan pesawat jensi ATR.  Pembangunan bandara ini juga untuk merealisasikan rencana Gunung Kidul menjadikan pariwisata sebagai industri unggulan.

"Saya salut dengan kabupaten Gunung Kidul. Di sini akan ada Bandara Gading, sebagai bandara kedua selain Kulonprogo. Hal ini sejalan dengan Gunung Kidul yang merencanakan pariwisata sebagai industri unggulan. Untuk itu, koneksitas udara sangat penting," pungkas dia.

PenulisAchmad Fauzi
EditorBambang Priyo Jatmiko
Komentar
Close Ads X