Citibank Proyeksikan Pertumbuhan Ekonomi 5,2 Persen Tahun Ini - Kompas.com

Citibank Proyeksikan Pertumbuhan Ekonomi 5,2 Persen Tahun Ini

Sakina Rakhma Diah Setiawan
Kompas.com - 14/08/2017, 16:08 WIB
IlustrasiSHUTTERSTOCK Ilustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Citibank NA Indonesia memproyeksikan pertumbuhan ekonomi Indonesia akan berada pada kisaran 5,1 sampai 5,2 persen hingga akhir tahun 2017 ini.

Hal ini senada dengan target Bank Indonesia (BI) yang mematok pertumbuhan ekonomi berkisar 5 sampai 5,4 persen pada tahun 2017.

"Proyeksi pertumbuhan ekonomi pandangan resmi kami 5,1 sampai 5,2 persen tahun ini," kata CEO Citibank Indonesia Batara Sianturi pada acara media briefing di Hotel Ritz Carlton Pacific Place, Senin (14/8/2017).

Batara mengungkapkan, pihaknya melihat hingga semester I 2017, pertumbuhan ekonomi banyak disokong sektor publik.

(Baca: Masih Realistiskah Target Pertumbuhan Ekonomi 5,2 Persen?)

Sementara itu, sektor swasta belum tumbuh secara signifikan. Dengan demikian, pada semester II 2017, belanja pemerintah diharapkan dapat lebih bergairah.

Pada saat yang bersamaan, optimisme sektor swasta juga diharapkan dapat meningkat.

"Sehingga bisa dilihat peningkatan capex (capital expenditure/belanja modal) yang di semester I 2017 belum kuat," ungkap Batara.

Sementara itu, Citibank Indonesia juga memperkirakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dapat mencapai level 6.150 pada akhir tahun 2017.

Prediksi ini didasarkan pada momentum positif yang terjadi pasca predikat investment grade yang diberikan lembaga pemeringkat internasional Standard & Poor's (S&P) kepada Indonesia beberapa waktu lalu.

Batara mengungkapkan, pihaknya juga memandang ada beberapa sektor yang bakal mencatatkan kinerja saham baik pada tahun 2017 ini.

Sektor-sektor tersebut antara lain perbankan, keuangan konsumer, konstruksi, properti, dan ritel.

Kompas TV Realisasi Pertumbuhan Ekonomi Indonesia di Bawah Harapan

PenulisSakina Rakhma Diah Setiawan
EditorAprillia Ika
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM