Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wapres AS: Ada Solusi Damai Atasi Krisis Venezuela

Kompas.com - 14/08/2017, 20:30 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Reuters

CARTAGENA, KOMPAS.com - Wakil Presiden AS Mike Pence menyatakan, solusi damai untuk meredakan ketegangan dan goncangan politik di Venezuela memungkinkan untuk dilakukan. Pernyataan Pence ini muncul setelah Presiden AS Donald Trump mengancam akan melakukan aksi militer dan memicu kecemasan di kawasan.

Mengutip Reuters, Senin (14/8/2017), pernyataan mengejutkan yang dilontarkan Trump bahwa intervensi militer di Venezuela adalah opsi memicu kecaman dari Peru, Meksiko, dan Kolombia. Ketiga negara itu kerap memberikan kritik tajam pada Presiden Venezuela Nicolas Maduro.

"Kami memiliki banyak opsi bagi Venezuela, namun Presiden (Trump) juga tetap yakin bahwa kerja sama dengan seluruh sekutu kami di Amerika Latin dapat memberikan solusi damai," ujar Pence dalam kunjungannya di Cartagena, Kolombia akhir pekan lalu.

Pence mengungkapkan, AS akan terus bekerja sama dengan negara-negara berdaulat hingga tercapai demokrasi bagi warga Venezuela.

Pada saat yang sama, Presiden Kolombia Juan Manuel Santos menyatakan, intervensi militer seharusnya tidak pernah dipikirkan. Namun demikian, Pence dan Santos mendiskusikan perihal kemungkinan sanksi lebih lanjut atas Venezuela.

"Presiden Santos dan saya mendiskusikan beberapa detail pengukuan tambahan yang bisa diambil untuk menekan rezim Venezuela lebih lanjut secara ekonomi," tutur Pence.

Lebih dari 120 orang warga Venezuela tewas dalam ketegangan yang terjadi sejak April 2017 lalu. Aksi demonstrasi warga merebak lantaran kejatuhan ekonomi Venezuela hingga menuju jurang resesi, dipicu inflasi yang meroket hingga ratusan persen karena kekurangan pasokan pangan dan obat-obatan. 

Kompas TV Ratusan Warga Dukung Pemberontakan terhadap Presiden Maduro

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com