Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

September 2017, Flazz BCA Bisa Digunakan di Seluruh Gerbang Tol

Kompas.com - 15/08/2017, 22:29 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Mulai 1 Oktober 2017 mendatang, seluruh transaksi pembayaran di gerbang tol sepenuhnya dilakukan secara nontunai dengan menggunakan uang elektronik.

Saat ini uang elektronik yang sudah bisa digunakan secara luas antara lain adalah e-Money Bank Mandiri, TapCash BNI, dan BRIZZI BRI. Namun, uang elektronik Flazz BCA nantinya juga akan dapat digunakan sebagai alat pembayaran di seluruh gerbang tol.

Direktur Consumer Banking BCA Suwignyo Budiman menjelaskan, Flazz BCA ditargetkan dapat digunakan di seluruh gerbang tol pada September 2017 mendatang.

(Baca:Ingat, Mulai Oktober 2017 Bayar Tol Hanya Pakai Uang Elektronik

"Kami tentunya sangat gembira, senang, dan mendukung," kata Suwignyo di Bank Indonesia (BI), Selasa (15/8/2017).

Suwignyo menyatakan, secara umum BCA sudah siap untuk melayani pembayaran di seluruh gerbang tol. Yang masih harus disiapkan adalah bagaimana melakukan interoperabilitas, yang nantinya BCA akan berbagi infrastruktur dengan bank yang sudah lebih dahulu melayani pembayaran nontunai di gerbang tol secara luas.

Salah satu persiapan yang dilakukan BCA adalah mempersiapkan kartu uang elektronik Flazz perdana. Menurut Suwignyo, perseroan mempersiapkan kira-kira 1 juta kartu Flazz untuk menyambut elektronifikasi 100 persen di gerbang tol.

"Dalam waktu dekat harusnya sudah bisa jalan. Kami siap dan sudah menyiapkan tambahan lagi kartu (Flazz)," ungkap Suwignyo.

Saat ini, Flazz BCA dapat digunakan sebagai alat pembayaran di gerbang beberapa ruas tol, antara lain ruas tol Jakarta Outer Ring Road (JORR), Jakarta-Cikampek, Purbaleunyi, Cikopo-Palimanan (Cipali), Makassar, Surabaya-Gresik, dan Waru-Juanda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com