Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

OJK: Suku Bunga Kredit Bisa Satu Digit, asalkan....

Kompas.com - 17/08/2017, 09:13 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Penurunan suku bunga kredit perbankan masih berjalan lambat. Tercatat hingga Juni 2017, suku bunga kredit masih berada pada level 11,7 persen.

Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso menuturkan, pihaknya memandang ruang penurunan suku bunga kredit perbankan masih terbuka.

Bahkan, suku bunga kredit bisa sampai pada level satu digit pada tahun 2018 mendatang. Optimisme tersebut diakui Wimboh didasarkan pada ekspektasi inflasi indeks harga konsumen (IHK) yang lebih rendah tahun depan.

Selain itu, untuk menurunkan suku bunga kredit, perbankan harus meningkatkan efisiensi. Efisiensi tersebut dapat dilakukan dengan penerapan teknologi.

(Baca: BI: Suku Bunga Kredit Masih Berpeluang Turun)

 

Selain itu, perlu dilakukan strategi yang menyasar pada segmen-segmen yang membutuhkan pembiayaan dan memiliki prospek baik.

"Sehingga perbankan mempunyai ruang lebih banyak untuk menurunkan biaya operasional. Akhirnya bisa menurunkan suku bunga (kredit)," kata Wimboh di Gedung DPR/MPR, Rabu (16/8/2017).

Dengan efisiensi yang lebih besar yang salah satunya dilakukan dengan memanfaatkan teknologi, maka perbankan dapat memonitor operasinya dengan lebih baik.

Selain itu, perbankan juga bisa memberikan layanan lebih baik kepada nasabah. Wimboh menegaskan, dirinya yakin suku bunga kredit bisa sampai pada level satu digit. Saat ini pun, suku bunga kredit pada sebagian segmen korporasi sudah mencapai satu digit.

Kompas TV BI Tahan Bunga Sampai Akhir 2017?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com