Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS EKONOMI

Bawang Merah Brebes Tembus Pasar Thailand

Kompas.com - 18/08/2017, 06:48 WIB
Kurniasih Budi

Penulis

KOMPAS.com - Bawang merah asal Brebes akan diekspor ke Thailand akhir pekan ini. Rencananya, sepuluh kontainer bawang merah akan dikirim langsung dari Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.

“Insya Allah Indonesia akan ekspor bawang (merah) ke Thailand, yang biasanya Indonesia impor dari sana. Ini (merupakan) kebangkitan (Indonesia)," kata Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman usai upacara HUT Kemerdekaan RI ke-72 di kantor Kementerian Pertanian, Kamis (17/8/2017).

Sebelumnya, Indonesia selalu mengimpor bawang merah dari Thailand. Pemerintah sengaja mengambil momentum sehari setelah peringatan Kemerdekaan RI untuk mengekpor bawang merah.

"Ekspor ini kami persembahkan di hari kemerdekaan," katanya dalam rilis yang diterima Kompas.com pada Kamis (17/8/2017).

Baca juga: Andi Amran Kobarkan Nasionalisme Lewat Kampanye Makan Buah Lokal

Peringatan Kemerdekaan RI merupakan saat yang tepat untuk mengingatkan kembali kejayaan Indonesia akan rempah-rempah. Rakyat Indonesia, dia melanjutkan, harus mengetahui bahwa sekira 500 tahun yang lalu nusantara mengalami kejayaan karena menghasilkan rempah-rempah.

"Pada 1500, Indonesia dikenal kaya dengan rempah-rempah. Bahkan slogan pada saat itu, siapa yang menguasai rempah-rempah, itu yang menguasai dunia”, katanya.

Kementerian Pertanian bertekad untuk mengembalikan kejayaan masa silam dengan fokus mengembangkan tanaman hortikultura. Pengembangan tanaman rempah dilakukan berdasarkan potensi suatu wilayah yang berbeda satu dengan lainnya.

”Saat ini, bawang, beras, jagung dan cabai tidak impor lagi. Kami akan dorong untuk bisa mengembalikan kejayaan itu," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com