Gramedia dan Taman Bacaan Pelangi Gelar Lomba Menulis Cerita - Kompas.com

Gramedia dan Taman Bacaan Pelangi Gelar Lomba Menulis Cerita

Kompas.com - 18/08/2017, 11:43 WIB
Hasil mengarang anak-anak di buku besar dalam rangka peringatan HUT ke-72 RI yang diselenggarakan oleh Gramedia dan TB Pelangidok. Gramedia Hasil mengarang anak-anak di buku besar dalam rangka peringatan HUT ke-72 RI yang diselenggarakan oleh Gramedia dan TB Pelangi

JAKARTA, KOMPAS.com – Gramedia bersama Taman Bacaan Pelangi (TB Pelangi) menggelar lomba menulis buku cerita berukuran besar (Big Book) di 58 perpustakaan TB Pelangi yang tersebar di 15 pulau di Indonesia Timur.

Lomba menulis buku cerita berukuran besar atau yang lebih dikenal dengan Big Book ini mengusung tema “Pesan Untuk Indonesia” dan bertujuan untuk membagikan aspirasi anak-anak untuk masyarakat Indonesia.

Pendiri Taman Bacaan Pelangi Nila Tanzil mengatakan lomba menulis ini dilaksanakan juga bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis serta mengembangkan kebiasaan membaca anak-anak di Indonesia bagian timur.

“Kami berterima kasih kepada Gramedia yang telah mendukung penuh kegiatan lomba menulis Big Book ini. Kami juga bangga atas hasil karya anak-anak Taman Bacaan Pelangi yang sarat akan pesan bermakna bagi Indonesia yang dituangkan dalam Big Book yang mereka tuliskan,” ujarnya dalam keterangan resmi, Jumat (18/8/2017).

Pesan-pesan yang dituliskan dalam cerita karangan anak-anak mencerminkan suara anak Indonesia.

Taman Bacaan Pelangi SDI Beci, Flores, misalnya, menuliskan cerita tentang persahabatan kedua anak yang berbeda agama. Tim dari TB Pelangi SDI Ranggawatu, NTT bercerita seputar kebhinneka-an Indonesia dan menulis “Intoleransi, narkoba, terorisme, korupsi adalah musuh bangsaku”.

Lain lagi dengan hasil karya anak-anak Taman Bacaan Pelangi SDI Harapan, Sentani, Papua. Tim ini mengangkat cerita tentang solidaritas dan persahabatan.

Anak-anak bergotong-royong membantu bekerja mengangkat batu agar mendapatkan upah, supaya salah seorang teman mereka dapat membayar uang sekolah dan kembali bersekolah.

“Masih banyak cerita-cerita menginspirasi lainnya hasil karya anak-anak di Taman Bacaan Pelangi yang tersebar di 58 lokasi di 15 pulau di Indonesia timur ini,” tambah Nila.

Public Relations Gramedia Elisabeth Retno mengapresiasi hasil karya yang dihasilkan anak-anak di Taman Bacaan Pelangi. "Gramedia selalu berkomitmen penuh untuk mendukung kegiatan-kegiatan literasi demi kemajuan anak-anak di Indonesia," kata Retno.

Big Book hasil karya anak-anak akan menjadi koleksi perpustakaan Taman Bacaan Pelangi di masing-masing daerah dan akan digunakan untuk kegiatan membaca lantang oleh para guru kelas saat mata pelajaran jam kunjung perpustakaan.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
EditorBambang Priyo Jatmiko
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM