Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Risiko Global Menurun

Kompas.com - 18/08/2017, 18:49 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) menyatakan kondisi perekonomian dunia cukup baik pada tahun 2017. Kondisi ini diperkirakan masih akan berlanjut pada tahun 2018 mendatang.

Gubernur BI Agus DW Martowardojo menuturkan, pertumbuhan ekonomi dunia diperkirakan bakal berada pada kisaran 3,6 persen. Angka ini lebih baik dibandingkan 3,5 persen pada tahun 2016.

Namun demikian, ketegangan yang sempat terjadi di beberapa belahan dunia memicu pergerakan nilai tukar. Rupiah pun sempat melemah.

"Nilai tukar mengalami sedikit pelemahan karena ketegangan dunia, tapi sekarang sudah membaik," kata Agus di Jakarta, Jumat (18/8/2017).

Ketegangan dunia yang dimaksud, imbuh Agus, adalah AS yang sempat dikhawatirkan bakal menyerang Korea Utara. Akan tetapi, AS kemudian mengonfirmasi bahwa mereka tidak akan menyerang Korea Utara, sehingga hal tersebut dipandang sebagai kabar baik bagi pasar uang.

Dengan demikian, saat ini tidak ada risiko yang berarti terkait geopolitik. Selain itu, bank sentral AS Federal Reserve juga dalam pernyataannya memandang perekonomian AS dalam kondisi baik, lapangan kerja pun tersedia dengan baik.

Optimisme The Fed tersebut berdampak pula kepada optimisme dunia. Perekonomian Jepang dan Jerman pun dalam kondisi baik.

"Beberapa negara berkembang mengalami pelemahan (nilai tukar) karena negara maju mengalami perbaikan, tapi masih di batas kewajaran," jelas Agus.

Ia menuturkan, nilai tukar rupiah sempat berada pada level Rp 13.377 per dollar AS. Saat ini, nilai tukar rupiah berada pada level Rp 13.360 per dollar AS. "Rp 13.377 (per dollar AS) itu wajar. Volatilitas stabil," tutur Agus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com