Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Freeport Indonesia Selenggarakan Upacara 17 Agustus di Ketinggian 2.958 Meter

Kompas.com - 18/08/2017, 19:53 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Freeport Indonesia melaksanakan upacara Hari Kemerdekaan RI ke-72 di ketinggian 2.958 meter di atas permukaan laut, tepatnya di lapangan Tembagapura, Papua.

Upacara dihadiri 950 orang, terdiri dari karyawan Freeport, masyarakat dan komunitas setempat, sekolah-sekolah, TNI dan Polri. Pelaksanaan upacara tertinggi ini berlangsung di tengah cuaca berkabut, dingin dan gerimis.

Pada penghujung pelaksanaan upacara, suhu di lokasi mencapai 15 derajat Celcius. Upacara ini juga dihadiri para tokoh masyarakat, antara lain Kepala Distrik Tembagapura, Martinus Nurboba.

Pasukan pengibar bendera berasal dari siswa-siswa Sekolah Yayasan Pendidikan Jayawijaya (YPJ) Tembagapura, Bertindak selaku komandan upacara, adalah Komisaris Polisi Raden Edi Saputra.

Dalam sambutannya, Direktur Eksekutif Freeport Indonesia Tony Wenas, selaku inspektur upacara, menekankan unsur kerja sama demi kemajuan bangsa Indonesia.

“50 tahun Freeport Indonesia telah berdiri, selama ini pula telah terjalin hubungan erat antara perusahaan dan masyarakat. Keberadaan tambang ini lebih dari sekedar investasi, keberadaannya dalam masa karya 50 tahun Freeport tumbuh dan memberikan lebih, meningkatkan kontribusi, banyak manfaat dan menjadi mitra sejati pembangunan Papua," kata Tony dalam pernyataan resmi, Jumat (18/8/2017).

Upacara dimeriahkan dengan pertunjukan marching band dan paduan suara karyawan Freeport, dan ditutup oleh persembahan tarian kolosal Papua.

Kompas TV HUT RI, Momen Para Presiden RI "Reuni" di Istana Merdeka

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com