Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Target Pertumbuhan Ekonomi 2018 Sebesar 5,4 Persen Dinilai Realistis

Kompas.com - 19/08/2017, 12:27 WIB
Pramdia Arhando Julianto

Penulis

JAKARTA KOMPAS.com - Pada Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2018 pemerintah menetapkan target pertumbuhan ekonomi sebesar 5,4 persen. Target tersebut akan dicapai melalui belanja pemerintah sebesar Rp 2.204 triliun.

Andry Asmoro, Senior Economist Bank Mandiri mengatakan, target pertumbuhan ekonomi yang dicanangkan oleh pemerintah sudah cukup realistis dan kredibel.

"RAPBN tahun 2018 ini, secara umum kami melihat angkanya kredible," ujar Andry dalam diskusi Populi Center dan Smart FM di Gado-Gado Boplo, Menteng, Jakarta, Sabtu (19/8/2017).

Andry mengatakan, perlu ada upaya menjaga daya beli masyarakat agar tetap stabil dalam upaya mengejar target pertumbuhan ekonomi 5,4 persen. Menurutnya, daya beli masyarakat atau konsumsi rumah tangga menjadi salah satu kontributor penyumbang pertumbuhan ekonomi.

"Pemerintah harus memastikan daya beli masyarakat dan harga pangan stabil," sambungnya. Andry menambahkan, salah satu tantangan pemerintah dalam menjaga daya beli dan harga pangan adalah persoalan kondisi iklim atau cuaca. Hal ini perlu diantisipasi oleh pemerintah.

"Perkiraan cuaca dari BMKG, tahun depan diprediksi tidak lebih baik dari tahun ini. Jadi tantangannya agar bagaimana inflasi pangan terjaga," paparnya.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menyampaikan pidato nota keuangan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2018. Dalam nota keuangan tersebut disampaikan beberapa target indikator ekonomi makro untuk tahun 2018, salah satunya adalah pertumbuhan ekonomi sebesar 5,4 persen.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menambahkan, angka pertumbuhan 5,4 persen cukup optimis tapi tidak terlalu ambisius.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com