Gramedia dan Pemprov DIY Gelar Festival Literasi - Kompas.com

Gramedia dan Pemprov DIY Gelar Festival Literasi

Kompas.com - 22/08/2017, 12:50 WIB
Para peserta dalam Festival Literasi Jogja Istimewa, Minggu (20/8/2017).dok Gramedia Para peserta dalam Festival Literasi Jogja Istimewa, Minggu (20/8/2017).

JAKARTA, KOMPAS.com - Gramedia bersama bersama Pemerintah Kota Yogyakarta dan Pemprov DIY menggelar Festival Literasi Jogja Istimewa.

Dalam acara ini, berbagai kegiatan digelar, di antaranya lomba mendongeng Bahasa Jawa, kampanye literasi media sosial, kompetisi esai literasi, hingga Karnaval Literasi Jogja Istimewa.

Dalam keterangan resminya, Selasa (22/8/2017), acara ini digelar sebagai salah satu upaya untuk memajukan literasi di Indonesia.

Puncak festival ini ditandai dengan kemeriahan aksi peduli literasi pada Minggu (20/8/2017), yang salah satunya dalam bentuk karnaval sembari menyerukan ajakan untuk mencintai dunia literasi, misalnya membaca buku.

Tak kurang sebanyak 2500 peserta dari Yogyakarta dan sekitarnya terlibat dalam Karnaval Literasi dengan menggunakan kreasi kostum dan atribut karnaval yang seru dan unik.

Salah satu yang juga menarik adalah aksi para pegiat literasi yang mendonasikan buku mereka ke beberapa ATM Buku yang ada di lokasi kegiatan.

ATM Buku ini merupakan medium donasi buku yang disediakan oleh Kompas Gramedia melalui gerakan #AkuBaca. Bentuknya serupa ATM konvensional namun berfungsi sebagai drop box atau kotak tempat menyetor buku-buku donasi.

Besarnya semangat berkontribusi terhadap literasi dapat dilihat dari banyaknya peserta yang menyetorkan buku mereka ke dalam ATM Buku.

Buku-buku itu selanjutnya akan disalurkan Kompas Gramedia melalui paket Buku Bergerak ke berbagai taman baca yang membutuhkan buku-buku, baik yang berada di Yogyakarta maupun di berbagai daerah lain di Indonesia.

Beragam aksi peduli literasi yang digulirkan secara simultan oleh Kompas Gramedia (KG) Group, mulai dari Gramedia Reading Community Competition 2016, Festival Literasi Gramedia 2017, juga gerakan #AkuBaca, bermuara pada tujuan besar untuk meningkatkan minat dan budaya baca masyarakat Indonesia.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
EditorBambang Priyo Jatmiko

Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM