Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyaluran Daging Qurban, Kitabisa.com Gagas Qurban.Kitabisa.com

Kompas.com - 22/08/2017, 13:00 WIB
Aprillia Ika

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – Menyambut hari raya Idul Adha, Kitabisa.com, laman galang dana online terbesar di Indonesia menyiapkan Kitabisa Qurban.

Platform jual beli hewan secara online yang bisa diakses melalui laman Qurban.Kitabisa.com ini mengedepankan konsep qurban berbasis lokasi.

Sehingga, publik tidak hanya bisa menyalurkan hewan qurban ke lingkungan sekitar mereka, namun hingga Aceh, NTB, Papua hingga ke Somalia atau Palestina.

Untuk memberikan dampak yang lebih besar, Kitabisa.com menggandeng berbagai partner antara lain Aksi Cepat Tanggap, Baitul Maal Hidayatullah, DPU Daarut Tauhiid, Insan Bumi Mandiri, Sekolah Relawan, Bank Qurban, Daarul Qur'an dan PKPU.

Setiap lembaga memberikan pilihan lokasi penyaluran yang dinilai paling membutuhkan. Hal ini didasari oleh data dari organisasi kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap, yaitu sebanyak 80 persen muslim kota berkurban di masjid dekat rumah mereka.

Akibatnya, penerima hasil kurban di Jabodetabek bisa mendapatkan daging kurban lebih banyak daripada di daerah lain.

CEO Kitabisa.com, Alfatih Timur, menuturkan tahun lalu, campaign serupa berhasil menarik lebih dari 800 orang pequrban.

Dimana 407 orang berqurban hewan kambing, 11 orang berqurban sapi, sementara 362 orang pequrban lain patungan 1/7 ekor sapi. Hewan kurban tersebut disalurkan ke berbagai kota, dari Aceh, Papua, hingga Myanmar dan Palestina.

“Kampanye ini merupakan bagian dari upaya kami untuk mendorong terjadinya pemerataan dalam proses berqurban pada hari raya Idul Adha tahun ini. Masyarakat dapat memilih langsung tempat untuk menyalurkan kurbannya secara daring, dengan pilihan seperti Pulau Buru, Atambua, Sorong, Alor, Mentawai, hingga Gaza, Somalia, Kenya dan Suriah.”

“Sebagai lembaga yang didirikan dengan semangat untuk meningkatkan partisipasi publik, kami juga ingin lembaga kami dampaknya bisa secara langsung dirasakan oleh siapa saja dan dimana saja. Karena itu, kami mengajak cukup banyak partner dengan harapan kita bisa lebih memudahkan proses pengumpulan, maupun penyaluran Qurban,” tutur Alfatih.

Untuk netizen yang ingin menyalurkan Qurban via Kitabisa.com, Anda cukup mengunjungi laman Qurban.Kitabisa.com dan memilih hewan yang ingin Anda qurbankan.

Kemudian Kitabisa.com telah menyiapkan langkah pembayaran sesuai dengan pilihan bank yang sesuai dengan Anda.

Kompas TV Mengharumkan nama bangsa Indonesia bisa ditunjukkan dengan berbagai macam cara. Salah satunya melalui bisnis start-up.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com