Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Januari-Agustus, Rp 130 Triliun Dana Asing Masuk ke Indonesia

Kompas.com - 23/08/2017, 07:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) menyatakan, kepercayaan dan optimisme internasional terhadap Indonesia masih relatif tinggi. Hal ini dibuktikan dengan masih derasnya arus dana asing (capital inflow) yang masuk ke Indonesia.

Menurut Gubernur BI Agus DW Martowardojo, arus dana asing yang masuk ke Indonesia mencapai kisaran Rp 130 triliun. Jumlah tersebut tercatat terjadi selama bulan Januari hingga Agustus 2017.

"Itu menunjukkan kondisi confidence (kepercayaan) internasional terhadap stabilitas makro ekonomi Indonesia," kata Agus di Jakarta, Selasa (22/8/2017).

(Baca: Hingga Akhir Juli 2017, Dana Asing Masuk ke RI Mencapai Rp 131 Triliun)

 

Akan tetapi, angka tersebut lebih rendah dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Pasalnya, hingga Agustus 2016 silam, arus dana asing yang masuk ke Indonesia mencapai Rp 154 triliun.

Meski begitu, secara keseluruhan tahun 2016 lalu arus dana asing yang masuk ke Indonesia tercatat sebesar Rp 126 triliun. Hal ini disebabkan faktor politik eksternal, khususnya di Amerika Serikat.

Pemilihan presiden AS yang dimenangkan oleh Donald Trump membuat sebagian dana asing berbalik arah masuk ke AS. Ini sejalan dengan keyakinan investor terhadap Trump.

"Kita ingat di 2016 ketika ada pengumuman pilpres di AS juga di dunia ada capital reversal (pembalikan arus dana) itu yang menyebabkan sepanjang tahun 2016 dana yang masuk ke Indonesia Rp 126 triliun," ungkap Agus.

Kompas TV Investor dari AS mulai menarik dana di luar negeri menyusul ketegangan di Semenanjung Korea

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com