Jalan Tol Trans-Jawa Dibangun, Madiun Kebanjiran Investor - Kompas.com

Jalan Tol Trans-Jawa Dibangun, Madiun Kebanjiran Investor

Kontributor Madiun, Muhlis Al Alawi
Kompas.com - 25/08/2017, 17:09 WIB
Ilustrasi: Para pekerja masih menyelesaikan tahap akhir pembangunan jalan sepanjang 17,6 kilometer Ruas Tol Bawen-Salatiga, Jawa Tengah, Jumat (16/6/2017). KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG Ilustrasi: Para pekerja masih menyelesaikan tahap akhir pembangunan jalan sepanjang 17,6 kilometer Ruas Tol Bawen-Salatiga, Jawa Tengah, Jumat (16/6/2017).

MADIUN, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten Madiun Jawa Timur mengklaim banyak investor yang ingin menanamkan modal ke wilayahnya seiring dengan pembangunan jalan tol Trans Jawa yang melewati wilayah ini.

Pemerintah Kabupaten Madiun menyebut total investasi yang ditanam mencapai sekitar Rp 2 triliun.

"Investasinya naik dari Rp 58 miliar menjadi Rp 2 triliun setelah adanya pembangunan jalan tol di wilayah Kabupaten Madiun. Pembangunan jalan tol membuat kami kebanjiran investor datang menanamkan modalnya usaha disini," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Atap, Suryanto, Jumat ( 25/8/2017).

Menurut Suryanto, rata-rata investor memilih mendirikan usahanya tak jauh dari pintu masuk jalan tol. Alasannya, untuk memudahkan pengangkutan produk.

"Pabrik Mikasa dibangun di Purworejo, Kecamatan Pilangkenceng dekat pintu jalan tol. Dengan demikian produknya bila jadi bisa langsung dikirim ke Surabaya, Solo dan daerah lain," ujar Suryanto.

Pabrik lain yang sudah dibangun di daerah ini seperti spring bed, kendaraan bermotor, plastik dan rokok.

Suryanto mengatakan pihaknya akan mengajukan perubahan tata ruang terkait banyaknya investor yang menanamkan investasinya di Kabupaten Madiun.

"Nanti akan ada perubahan tata ruang dan wilayah untuk menata daerah mana untuk perdagangan, perumahan, hingga perindustrian," ujar Suryanto.

PenulisKontributor Madiun, Muhlis Al Alawi
EditorBambang Priyo Jatmiko
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM