Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7-Eleven Akui Punya Utang Ratusan Miliar

Kompas.com - 29/08/2017, 06:43 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kuasa Hukum PT Modern Sevel Indonesia (MSI) Hotman Paris Hutapea mengakui kliennya memiliki utang kepada banyak pihak yang nilainya mencapai ratusan miliar rupiah.

Menurut dia, utang PT MSI tidak hanya kepada supplier atau penyedia makanan minuman saja.

"Utangnya ratusan miliar juga. (utang) ke bank juga ada," kata Hotman, di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Senin (28/8/2017).

Dua suplier yang sebelumnya bekerja sama dengan PT MSI untuk menyediakan makanan di gerai waralaba 7-Eleven mengajukan permohonan penundaan kewajiban pembayaran utang (PKPU).

Adalah PT Soejach Bali dan PT Kurniamitra Duta Sentosa yang menjadi pemohon PKPU dengan total tagihan sekitar Rp 2 miliar.

(Baca: Gulung Tikar, 7-Eleven Akan Jual Aset untuk Bayar Utang)

 

Rinciannya, piutang PT Soejach Bali sebesar Rp 1,8 miliar dan piutang PT Kurniamitra Duta Sentosa sebesar Rp 261 juta.

"Supliernya juga ratusan. Jadi nanti waktu (sidang) putusan, bakalan penuh ini ruangan (sidang)," kata Hotman.

Rencananya, sidang perkara ini akan dilanjutkan pekan depan, pada Senin (4/9/2017) dengan agenda pengumpulan barang bukti dan pembahasan.

Kemudian sidang dilanjutkan pada keesokan harinya, yakni Selasa dan Rabu (5-6/9/2017) yang beragendakan pendalaman perkara.

(Baca: Aprindo: 8.000 Orang Akan Terdampak Tutupnya 7-Eleven)

Pada 12 September 2017, majelis hakim diagendakan memutuskan perkara ini. PT Modern International Tbk sebagai induk perusahaan PT MSI, mengumumkan menutup seluruh gerai 7-Eleven pada 30 Juni 2017.

Utang Bank

 

Dalam laporan keuangan PT Modern Internasional Tbk, anak usahanya tersebut tercatat memiliki utang sebesar Rp 597 miliar kepada beberapa bank.

Utang kepada PT Bank Mayapada Internasional Tbk tercatat sebesar Rp 1,29 miliar. Adapun utang kepada PT Bank CIMB Niaga Tbk tercatat sebesar Rp 187,6 miliar.

Selain itu, 7-Eleven juga memiliki utang kepada Standard Chartered Bank Cabang Singapura sebesar Rp 243,96 miliar, dan Bank Mandiri Rp 164,33 miliar.

(Baca: Karyawan 7-Eleven: Saya Tidak Tahu Mau Ke Mana...)

 

Masih ada pula kewajiban terhadap pegawai sebesar Rp 20,7 miliar, terhadap pemasok sebesar Rp 203,4 miliar, dan kewajiban pajak Rp 43,9 miliar. Sementara total aset yang dimiliki PT MSI sebesar Rp 222,2 miliar.

Kompas TV Seven Eleven di Indonesia Tinggal Kenangan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com