Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Citibank, Bank Kustodian Pertama yang Layani "Account Operator" di Pasar Modal

Kompas.com - 30/08/2017, 11:32 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Citibank NA dan PT Citigroup Sekuritas Indonesia menandatangani kesepahaman mengenai layanan Account Operator. Layanan ini diluncurkan oleh PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI).

KPEI membuka pasar bagi layanan Account Operator berdasarkan regulasi Badan Pengawas Pasar Modal (Bapepam) kemudian Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang diterbitkan pada tahun 2010 dan direvisi pada 2012.

Account Operator mendukung perusahaan efek yang membutuhkan layanan optimal dari bank kustodian.

Layanan ini termasuk penyelesaian tarnsaksi surat berharga (settlement) dan asset servicing. Tujuannya adalah untuk meningkatkan efisiensi pasar modal di Indonesia dan daya saing.

(Baca: Citibank Proyeksikan Pertumbuhan Ekonomi 5,2 Persen Tahun Ini)

 

Perusahaan efek dapat mengalihkan biaya operasional tetap (fixed cost) menjadi biaya operasional bergerak (variable cost) dan mentransfer sejumlah risiko operasional ke bank kustodian yang dipilih.

Dengan demikian, perusahaan efek dapat memfokuskan sumber daya internal pada aktivitas utama untuk meningkatkan volume perdagangan efek.

"Dengan kehadiran Citibank sebagai inisiator Account Operator di pasar modal Indonesia, dapat menjadi contoh bagi bank kustodian lainnya untuk dapat turut memperluas perannya dalam proses penyelesaian transaksi bursa," kata Direktur Utama KPEI Hasan Fawzi di Bursa Efek Indonesia (BEI), Rabu (30/8/2017).

Citibank sendiri sudah menjadi bank kustodian di 63 negara. Selain itu, Citibank juga menjadi penyedia layanan Account Operator dan General Clearing Member di kancah global, termasuk beberapa pasar di Asia Pasifik.

Kompas TV BNI Sekuritas: IHSG Akhir Tahun Bisa Tembus 6.071

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com