Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dorong Maskapai Buka Rute Baru, AP II Beri Insentif Khusus

Kompas.com - 30/08/2017, 12:20 WIB
Achmad Fauzi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Angkasa Pura II (Persero) (AP II) menyatakan akan memberikan sejumlah insentif kepada maskapai penerbangan. Pemberian insentif kepada maskapai bertujuan untuk adanya penambahan rute penerbangan.

Selain itu, dengan insentif diharapkan maskapai dapat membuka rute yang belum dioperasikan. Sehingga, dengan adanya rute baru, makin banyak masyarakat yang menggunakan pesawat untuk berpergian.

"Kami memberikan insentif-insentif kepada airline juga bertujuan untuk mendorong pertumbuhan pergerakan pesawat dan juga penumpang di mana target penumpang kita ditahun ini sekitar 104 juta penumpang ," ujar Public Relation Manager AP II, Yado Yarismano saat dihubungi Kompas.com, Rabu (30/8/2017).

(Baca: Sambut HUT RI, AP II Beri Insentif kepada Maskapai di Hari Kemerdekaan)

 

Dalam hal ini, Yado menuturkan, perseroan akan terus memberikan insentif kepada maskapai. Misalnya, insentif mendapatkan pengembalian uang kembali (cash back) sebesar 17 persen pada biaya jasa pendaratan di 13 bandara yang dikelola perseroan.

"Kami ada beberapa insentif. Ada yang cash insentif untuk airline yang membuka rute-rute baru atau yang menambah frekuensi baru. Untuk yang non-cash kami menyediakan beberapa media untuk mendukung materi-materi promosi dari airline," tutur dia.

Sebelumnya, AP II telah memberikan insentif berupa cash incentive kepada maskapai yang melayani penerbangan domestik pada tanggal 17 Agustus 2017 di seluruh bandara di bawah pengelolaan perusahaan.

Pada penerbangan domestik tanggal tersebut, cash incentive yang diberikan sebesar 17 persen dari biaya Jasa Pendaratan (landing charge), lalu 8 persen dari biaya Jasa Counter (counter fee) dan 45 persen dari biaya Jasa Aviobridge.

Kompas TV Antisipasi Mudik, Bandara Banjarmasin Bangun Rest Area

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com