Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Satelit Telkom 1 Sempat Terganggu, Kini 2.591 ATM Telah Normal Kembali

Kompas.com - 30/08/2017, 16:42 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk atau Telkom terus mengupayakan perbaikan anomali infrastruktur di satelit Telkom 1 dan melakukan migrasi layanan ke satelit lain agar ribuan ATM bank berfungsi kembali. 

Hingga Rabu (30/8/2017) tercatat sebanyak 2.591 anjungan tunai mandiri (ATM) sudah beroperasi normal kembali setelah sempat terganggu layanan satelit Telkom 1.

Hal itu diungkapkan oleh Direktur Utama PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk Alex Sinaga dalam konferensi pers yang diselenggarakan di Kementerian Kominfo, Jakarta Pusat.

"Posisi saat ini (hingga Rabu pagi) sebanyak 2.591 ATM sudah berfungsi kembali. Jadi ada 15.000 perangkat yang terdampak, 12.030 diantaranya adalah ATM dan 3.000 sisanya bukan ATM," kata Alex, Rabu (30/8/2017).

(Baca: Ribuan ATM "Offline", Telkom Sampaikan Permohonan Maaf)

 

Alex mengaku telah diinstruksikan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara untuk terus menyampaikan update terbaru mengenai perbaikan layanan kepada Bank Indonesia (BI). 

Dia menjelaskan, sebanyak 63 pelanggan menggunakan satelit Telkom 1. Dari pelanggan tersebut dibagi lagi menjadi dua, yakni pelanggan langsung dan tidak langsung.

Nah, perbankan merupakan pelanggan tidak langsung. Pasalnya, layanan koneksi satelit ATM diberikan oleh penyedia Very Small Aperture Terminal (VSAT) yang merupakan pelanggan Telkom.

"Kami juga mempercepat proses migrasi pelanggan dari satelit Telkom 1 ke (satelit) Telkom 2, Telkom 3S, dan lainnya," kata Alex.

(Baca: Ribuan ATM Terganggu, Kapan Layanan Satelit Telkom 1 Normal Lagi?)

Untuk memperbaiki dampak akibat terganggunya satelit Telkom 1, Telkom mengerahkan seluruh sumber daya operasional TelkomGroup di seluruh Indonesia yang terdiri dari internal Telkom, anak perusahaan dan seluruh mitra terkait.Dok. Telkom Untuk memperbaiki dampak akibat terganggunya satelit Telkom 1, Telkom mengerahkan seluruh sumber daya operasional TelkomGroup di seluruh Indonesia yang terdiri dari internal Telkom, anak perusahaan dan seluruh mitra terkait.
Upaya Telkom

Untuk memulihkan layanan satelit Telkom 1, pihaknya telah mengerahkan sekitar 1.000 teknisi untuk memperbaiki anomali infrastruktur tersebut sejak 26 Agustus 2017. Dia menargetkan seuruh layanan pulih pada 10 September mendatang.

Alex berjanji, pihaknya akan mempercepat proses migrasi pelanggan, baik dalam hal penyiapan transponder pengganti maupun proses repointing antena di sisi pelanggan.

Menurut dia, pihaknya mengerahkan seluruh sumber daya operasional TelkomGroup di seluruh Indonesia yang terdiri dari internal Telkom, anak perusahaan dan seluruh mitra terkait untuk mempercepat pemulihan. 

(Baca: Satelit "Uzurnya" Rusak, Telkom Masih Hitung Kerugian)

 

Hingga Rabu pagi, pemulihan satelit Telkom 1 untuk penyediaan transponder satelit pengganti sudah mencapai 100 persen.

Secara keseluruhan, progres penyediaan transponder dan repointing antena ground segment telah mencapai 55 persen.

Kompas TV Empat hari sudah aktivitas nasabah dalam penggunakan mesin ATM terganggu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com