Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Satelit Telkom 1 Terganggu, Telkom Tidak Buru-buru Klaim Asuransi

Kompas.com - 30/08/2017, 17:10 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk Alex Sinaga menegaskan pihaknya belum menghitung kerugian akibat terganggunya satelit Telkom 1.

Penyebabnya, Telkom masih berupaya memulihkan layanan yang ditargetkan rampung 10 September. Pasalnya, satelit Telkom 1 yang terganggu menyebabkan ribuan ATM bank offline

"Mengenai kerugian-kerugian belum selesai kami hitung. Karena prioritas kami adalah memulihkan dulu layanan," kata Alex, dalam konferensi pers yang digelar di Kemenkominfo, Jakarta Pusat, Rabu (30/8/2017).

Adapun gangguan satelit Telkom 1 sudah terjadi sejak Jumat (25/8/2017). Selain itu, perseroan juga tak ingin terburu-buru melakukan klaim asuransi.

(Baca: Satelit Telkom 1 Sempat Terganggu, Kini 2.591 ATM Telah Normal Kembali)

 

Telkom sudah mengasuransikan satelit Telkom 1 ke PT Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo).

Meski demikian, dia mengungkapkan, kontribusi bisnis satelit kepada pendapatan perusahaan masih tergolong kecil. Yakni sekitar 0,6 persen dari total pendapatan Telkom Grup.

"Karena kalau mau klaim asuransi biasanya ada urusan administrasinya, dokumen-dokumen yang harus disiapkan, dan sebagainya. Tapi yang pasti kami akan klaim, karena sudah diasuransikan," kata Alex.

Untuk memulihkan layanan satelit Telkom 1, pihaknya telah mengerahkan sekitar 1.000 teknisi dari Sabang sampai Merauke. Dia menargetkan layanan pulih pada 10 September mendatang.

(Baca: Satelit "Uzurnya" Rusak, Telkom Masih Hitung Kerugian)

 

Alex berjanji, pihaknya akan mempercepat proses migrasi pelanggan, baik dalam hal penyiapan transponder pengganti maupun proses repointing antena di sisi pelanggan.

Hingga Rabu pagi, pemulihan satelit Telkom 1 untuk penyediaan transponder satelit pengganti sudah mencapai 100 persen.

Secara keseluruhan, progress penyediaan transponder dan repointing antena ground segment telah mencapai 55 persen.

Satelit Telkom 1 mengalami gangguan berupa pergeseran pointing antena satelit. Untuk memperbaikinya, BUMN ini dibantu oleh Lockheed Martin selaku produsen satelit.

Terkait dengan gangguan ini, ATM dari sejumlah bank mengalami offline, yang di antaranya adalah ATM BCA dan Bank Mandiri.

(Baca: Ribuan ATM Terganggu, Kapan Layanan Satelit Telkom 1 Normal Lagi?)

Kompas TV Menurut lembaga konsultan Lockheed Martin, satelit Telkom 1 sudah harus pensiun di 2019.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com