Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jasa Porter di Bandara Soekarno Hatta Gratis, Penumpang Diimbau Tak Beri Tip

Kompas.com - 01/09/2017, 20:00 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

TANGERANG, KOMPAS.com - Mulai Jumat (1/9/2017), jasa tenaga angkut atau porter digratiskan oleh PT Angkasa Pura II (Persero). Nama porter pun telah diubah menjadi airport helper dan pengumpul trolley.

Dewando Prasetyo Nugroho, Branch Communication Manager PT Angkasa Pura II Bandara Internasonal Soekarno-Hatta mengatakan hal itu untuk mengubah mindset, dari porter maupun pengguna jasa yang memaksa agar memberikan maupun menerima tip.

"Transaksi seperti itu sudah tidak ada lagi, semuanya gratis. Dengan begitu diharapkan Bandara Soekarno-Hatta menjadi bandara berkelas dunia," kata Prasetyo, dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Jumat.

Layanan ini akan tersedia di seluruh terminal, mulai dari terminal I hingga III. Selain itu, dia menjelaskan, karena namanya sudah berubah menjadi airport helper, porter tidak hanya membantu mengangkat barang penumpang. Namun juga seluruh layanan yang masih dalam wewenangnya di dalam airport.

"Namanya juga helper. Jasa mereka tidak dikenakan biaya alias free of charge dan no tipping," kata Prasetyo.

Saat ini, ada sebanyak 850 orang airport helper dan pengumpul trolley. Terdapat tiga vendor yang menyuplai tenaga jasa angkut ini.

Namun, sejak hari ini, PT Angkasa Pura Solusi yang merupakan anak usaha PT Angkasa Pura II yang mengatur pendapatan para porter yang selama ini mengandalkan tip dan target. "Sekarang mereka digaji sesuai nilai UMR," kata Prasetyo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com