Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagaimana Agar Perusahaan Anda Sukses di Era Digital?

Kompas.com - 03/09/2017, 06:43 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Hasil survei teranyar yang dilakukan SAP SE menunjukkan, para pemimpin bisnis yang telah menyelesaikan proyek transformasi digital di seluruh organisasi mereka mencapai peningkatan yang luar biasa dalam hal produktivitas karyawan.

hasil survei menunjukkan, 64 persen eksekutif dengan inisiatif digital yang beragam menyatakan karyawan mereka lebih dilibatkan, dibandingkan 20 persen lainnya yang bekerja di organisasi yang hanya bertransformasi digital di beberapa area khusus.

Transformasi yang berhasil bergantung pada orang, dan hal ini tentu menyoroti pentingnya investasi terhadap tenaga kerja dalam mendorong kinerja bisnis digital," kata Greg Tomb, presiden SuccessFactors SAP dalam laporannya, Jumat (1/9/2017).

"Four Ways Leaders Set Themselves Apart" adalah sebuah studi eksekutif transformasi digital yang diselenggarakan SAP Center for Business Insight bersama Oxford Economics, mensurvei lebih dari 3.100 pengambil keputusan bisnis global. Studi ini untuk menilai berbagai prioritas yang mendorong proyek transformasi digital.

Sebanyak 83 persen pemimpin yang telah sukses bertransformasi digital berharap bahwa digitalisasi untuk mentransformasi manajemen karyawan terjadi selama dua tahun ke depan.

Responden yang telah sukses bertransformasi digital di dalam bisnis mereka memiliki pandangan yang lebih solid mengenai manfaat potensial di seluruh proses SDM mereka.

Sebanyak 71 persen responden menyatakan digitalisasi akan memudahkan untuk menarik dan mempertahankan SDM terbaik.

Sekitar 52 persen bisnis yang telah mengalami proyek transformasi digital mengatakan bahwa mereka merencanakan untuk menciptakan lowongan-lowongan baru untuk mencerminkan kebutuhan teknologi selama dua tahun ke depan, dibandingkan 32 persen perusahaan yang belum melakukan transformasi digital.

"Perusahaan-perusahaan terkemuka hari ini terus mengutamakan karyawan mereka sebagai inti strategi transformasi digital mereka," jelas Tomb.

Penelitian ini, imbuh dia, menunjukkan keberhasilan digitalisasi bergantung pada SDM, terutama pada perusahaan yang paling inovatif dan berpandangan ke depan dengan komitmen yang tinggi untuk berinvestasi pada karyawan mereka.

Perusahaan yang berhasil tersebut selalu memastikan angkatan kerja di perusahaannya dibekali teknologi dengan baik untuk menghadapi tantangan di masa depan.

Kompas TV Kebanyakan perintis terlalu antusias menciptakan teknologi yang ternyata tidak relevan dengan kebutuhan masyarakat luas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com