Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hingga Akhir Agustus, Penerimaan Pajak Capai 53 Persen dari Target

Kompas.com - 07/09/2017, 15:15 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Penerimaan pajak hingga akhir Agustus 2017 tercatat Rp 780,037 triliun atau 53 persen dari total target penerimaan dalam APBN Perubahan 2017.

Jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun lalu dan sudah menjalankan tax amnesty, penerimaan perpajakan sebesar Rp 711,447 triliun atau 46 persen dari total APBN Perubahan 2016.

"Jadi memang ada growth, pertumbuhan yang cukup baik, kalau lihat year on year nya kami cukup optimis (target tercapai). Tapi kalau media selalu menyorot, sudah bulan Agustus, kok (penerimaan pajak) baru 53 persen," kata Menteri Keuangan Sri Mulyani, dalam rapat dengar pendapat bersama Komisi XI DPR, Jakarta, Kamis (7/9/2017).

Untuk penerimaan pajak dalam negeri sebesar Rp 755,818 triliun atau 52,6 persen dari total APBN Perubahan 2017.

Penerimaan pajak penghasilan dalam negeri pada periode yang sama tahun lalu, sebesar Rp 689,099 triliun atau 45,8 persen dari total APBN Perubahan 2016. Dia mengatakan, akan menggenjot penerimaan pajak selama empat bulan terakhir.

"Setiap bulan, kami akan melakukan evaluasi terhadap profile penerimaan perpajakan kita dan akan melakukan penyisiran terhadap ekstra effort yang memang terus akan kami usahakan," kata Sri Mulyani.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com