AirAsia Raih Penghargaan ASEAN Business Award - Kompas.com

AirAsia Raih Penghargaan ASEAN Business Award

Achmad Fauzi
Kompas.com - 07/09/2017, 21:51 WIB
Air Asia X.Wikipedia Air Asia X.

JAKARTA, KOMPAS.com - Maskapai penerbangan AirAsia meraih penghargaan dalam ajang ASEAN Business Award (ABA). Penghargaan itu diraih karena maskapai telah kontribusi terhadap sektor pariwisata di Asia Tenggara dengan rute penerbangan yang menjangkau seluruh daerah di Asia Tenggara. 

CEO Grup AirAsia,  Tony Fernandes mengatakan, penghargaan yang diraih merupakan pengakuan ASEAN  atas performa AirAsia dalam mendukung integrasi  salah satu sektor bisnis yang menjadi prioritas, yaitu Pariwisata.

"Integrasi ASEAN juga tentang saling merasakan langsung kehidupan sesama, menciptakan lapangan kerja di bidang perjalanan dan pariwisata, membangun rantai pasokan dengan menghubungkan wilayah yang belum terhubungkan sebelumnya," ujar Tony Fernandes dalam keterangannya, Kamis (7/9/2017).

Pada tahun lalu, ungkap Tony, AirAsia telah mengangkut 13,4 juta penumpang di kawasan Negara ASEAN. 

Penghargaan diserahkan oleh Presiden Filipina, Rodrigo Roa Duterte, disaksikan oleh Sekretaris Perdagangan dan Industri Filipina, Ramon Lopez dan Ketua Asean Business Advisory Council (BAC), Joey Concepcion.

ABA dibentuk oleh ASEAN BAC pada tahun 2007 untuk memberikan pengakuan terhadap pencapaian luar biasa perusahaan-perusahaan di ASEAN, yang berfungsi sebagai pondasi untuk menyebarkan informasi terkait Masyarakat Ekonomi ASEAN, serta menyoroti usaha kecil menengah yang berpotensi menjadi pelaku ekonomi global dalam industrinya masing masing.  

Selain pariwisata, penghargaan Sektor Integrasi Prioritas juga diberikan terhadap 11 sektor lainnya seperti perikanan, elektronika, teknologi informasi/ e-ASEAN, tekstil, logistik, produk berbasis kayu, karet, pertanian produk pangan, kesehatan, otomotif dan retail.

Selain itu, terdapat juga penghargaan lainnya untuk usaha kecil menengah, wirausaha wanita, wirausaha muda, dan usaha inklusif serta Friend of ASEAN Award dan Legacy Award.

PenulisAchmad Fauzi
EditorMuhammad Fajar Marta
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM