Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sponsori Persib, Tabungan Haji Bank Permata Syariah Naik Pesat

Kompas.com - 08/09/2017, 09:53 WIB
Reni Susanti

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com – Nasabah yang menyimpan dana haji di Bank Permata Syariah meningkat dua kali lipat tahun ini. Hal itu diperoleh setelah Bank Permata Syariah mensponsori klub sepakbola Persib.

Direktur Utama Bank Permata Syariah, Achmad K Permana mengatakan, jumlah nasabah yang daftar haji di banknya sekitar 3.500 nasabah per bulan.

Salah satu kontribusi terbesar dari Jawa Barat sebesar 35 persen. Sedangkan kota besar lainnya seperti Jawa Timur sebanyak 10 persen.

“Dulu sebelum sponsori Persib, jumlah nasabah yang pergi haji di Jabar paling 300-400 orang sebulan. Sekarang di angka 1.500 per bulan,” ujarnya kepada Kompas.com, Rabu (7/9/2017) malam.

(Baca: Genjot Dana Murah, Bank Permata Syariah Gandeng Penyelenggara Umrah)

 

Achmad menjelaskan, Persib itu luar biasa. Suporternya yang dikenal dengan sebutan bobotoh sangat banyak, solid, dan tidak mengenal batas usia. Itu terlihat dari para calon jemaah haji, meskipun usianya sudah tidak muda, tapi mereka tetap bobotoh.

“Saya buka di Cianjur, Sukabumi, Karawang, kenaikannya dua kali lipat seteleh sponsori Persib. Yang daftar haji kita kasih kostum. Tabungan (haji) Rp 5 juta dapat jersey, pada mau tuh,” ucapnya.

Bank Permata Syariah, sambung Achmad, memang sengaja membidik dana atau tabungan jangka panjang seperti haji.

Bahkan kini, komposisi dana murah atau current accont saving account (CASA) di bank nya, mencapai 72 persen.

Itu terlihat dari pertumbuhan tabungan haji. Pada Januari 2015, jumlah penabung PermataTabungan iB Haji hanya sebesar 31.567 nasabah dan 9.299 porsi Haji dengan dana kelolaan Rp 588 miliar.

Per Juni 2017, jumlah nasabah tabungan haji mencapai 99.008 atau meningkat 214 persen. Adapun porsi haji 61.468 atau meningkat 561 persen dengan total dana kelolaan mencapai Rp 2,16 triliun atau meningkat 268 persen.

“Sponsori Persib juga bagian dari strategi baru kami. Kalau orang per orang lama, kita mau pakai community based biar cepat,” tuturnya.

Ia optimistis, pertumbuhan dana haji maupun DPK pada umumnya akan semakin besar. Sebab, Bank Permata Syariah baru meluncurkan PermataSyariah PERSIB DebitPlus.

Kartu ini memiliki banyak keuntungan mulai dari diskon premium, belanja, hingga tiket nonton Persib.

“Uniknya, bobotoh Persib itu bukan cuma Bandung atau Jabar. Malaysia dan kota-kota lainnya di Indonesia juga banyak,” ucapnya.

Bahkan ada nasabah di beberapa daerah yang meminta program ini, namun pihaknya untuk sementara memfokuskan dulu di Jabar.

Kompas TV Siapa Sosok Pelatih Baru Persib Bandung?

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com