Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PermataBank Luncurkan E-Bond, Jual Beli Obligasi via Internet Banking

Kompas.com - 11/09/2017, 16:01 WIB
Pramdia Arhando Julianto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Guna memenuhi kebutuhan layanan investasi dalam bentuk obligasi, PermataBank meIuncurkan fitur E-Bond yang merupakan layanan transaksi obligasi meIaIui internet banking.

Direktur Retail Banking PermataBank Bianto Surodjo mengatakan, layanan E-Bond diluncurkan karena melihat adanya perubahan gaya hidup dan perilaku konsumen yang lebih gemar dengan perangkat digital dan layanan internet.

"Untuk itu kami meluncurkan layanan E-Bond ini untuk mempermudah dan mendekatkan transaksi obligasi hanya dengan mengakses internet banking," ujar Bianto di saat peluncuran E-Bond di Main Hall Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Senin (11/9/2017).

Adapun untuk dapat menikmati E-Bond ini ada dua tahapan utama, yakni, pertama, menjadi nasabah dengan mengunjungi kantor cabang PermataBank terdekat untuk melakukan transaksi pembelian obligasi untuk pertama kali di cabang.

"Kedua, dengan melakukan registrasi layanan Internet banking di https://new.permatanet.com dan mengakses fitur E-Bond di dalam PermataNet untuk melakukan transaksi pembelian maupun penjualan Obligasi yang ditawarkan," tambahnya.

Bianto berujar dengan adanya layanan tersebut diharapkan dapat memberikan kemudahan dan fleksibilitas transaksi virtual kepada nasabah. "Perkembangan dunia digital semakin menyadarkan akan betapa berharganya waktu," pungkasnya.

Nasabah PermataBank yang juga aktris Nadya Mulya mengoperasikan layanan E-Bond Bank Permata melalui telepon pintarnya di BEI, Jakarta, Senin (11/9/2017). PermataBank meluncurkan E-Bond yang merupakan layanan transaksi obligasi melalui internet pertama di indonesia untuk mempermudah memenuhi kebutuhan layanan investasi serta obligasi nasabah. ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/ama/17.ANTARA FOTO/SIGID KURNIAWAN Nasabah PermataBank yang juga aktris Nadya Mulya mengoperasikan layanan E-Bond Bank Permata melalui telepon pintarnya di BEI, Jakarta, Senin (11/9/2017). PermataBank meluncurkan E-Bond yang merupakan layanan transaksi obligasi melalui internet pertama di indonesia untuk mempermudah memenuhi kebutuhan layanan investasi serta obligasi nasabah. ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/ama/17.
Kendati demikian, Bianto tak menjelaskan lebih lanjut terkait target transaksi yang bisa dicapai melalui fasilitas transaksi surat utang negara melalui internet banking PemataBank.

"Bonds tergantung pada kebutuhan nasabah maupun tergantung pada situasi pasar jadi tidak bisa kami tentukan berapa (targetnya)," jelasnya. Selain itu, Bianto menambahkan, dalam menyediakan fasilitas transaksi tersebut pihaknya membidik seluruh nasabah PermataBank.

"Kami peruntukkan buat semua nasabah, tetapi biasanya kalau bonds itu nasabah prioritas lebih banyak beli," katanya.

Sementara itu, Direktur Penilaian Perusahaan Bursa Efek Indonesia Samsul Hidayat, mengatakan, layanan E-Bond yang diluncurkan PermataBank semakin menambahkan fasilitas yang disediakan oleh perbankan untuk transaksi surat utang negara.

"Bagi kami peningkatan likuiditas dari surat utang bisa membantu transaksi elektronik trading platform yang sudah disediakan oleh bursa," terang Samsul. 

Dikutip dari Antaranews.com, Direktur Surat Utang Negara Kementrian Keuangan, Loto Srinaita Ginting mengatakan, pihaknya menyambut baik layanan E-Bond. Apalagi, saat ini pihaknya sedang mengembangkan penawaran perdana Obligasi Ritel Indonesia (ORI) melalui eletronik.

Dalam pelaksanaannya, lanjut dia, pihaknya akan melibatkan beberapa mitra distribusi yang terdiri dari perbankan, perusahaan efek, dan perusahaan keuangan elektronik atau Fintech yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.

"Kami dalam waktu dekat akan meluncurkan ORI014 di pasar perdana, instrumen itu bisa menjadi pilihan investasi. Kami akan melakukan kemitraan dengan beberapa mitra distribusi," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com