GMF Tegaskan Dana Hasil IPO Tak Digunakan oleh Garuda Indonesia - Kompas.com

GMF Tegaskan Dana Hasil IPO Tak Digunakan oleh Garuda Indonesia

Achmad Fauzi
Kompas.com - 12/09/2017, 06:45 WIB
Mesin Pesawat Garuda Indonesia di Garuda Maintenance Facilities (GMF), CengkarengKOMPAS.com / FITRI PRAWITASARI Mesin Pesawat Garuda Indonesia di Garuda Maintenance Facilities (GMF), Cengkareng

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Garuda Maintenance Facilty AeroAsia  Tbk ( GMF) menegaskan dana yang didapat dari penawaran saham perdana atau Initial Public Offering ( IPO) tak akan digunakan oleh induk usaha PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk.

Dana yang diperoleh sebagian besar akan digunakan untuk pengembangan fasilitas perbaikan dan perawatan GMF.

Seperti diketahui, pada Semester I tahun 2017 Garuda Indonesia merugi Rp 3,77 triliun. Rugi tersebut naik 349 persen.

"Dana yang diperoleh dari IPO, murni untuk GMF sendiri. Sebanyak 60 persen untuk ekspansi pengembangan kapabilitas dan kapasitas," ujar Direktur Utama GMF, Iwan Joeniarto dalam konferensi pers di Hotel Four Season, Jakarta, Senin (11/9/2017).

Adapun, target perolehan dana IPO GMF mencapai Rp 4,2 trilun sampai Rp 5,55 triliun. 

Sementara, Komisaris Utama GMF, Helmi Imam Satriyono menuturkan, IPO GMF akan memberikan dampak pada modal Garuda Indonesia Grup "Dampak ke Garuda Grup tentunya permodalan makin baik," tutur dia.

Helmi menambahkan, GMF merupakan anak usaha yang menyumbangkan laba bersih terbesar ke Garuda Indonesia. Sehingga, Garuda Indonesia akan terus menjaga pertumbuhan anak usahanya tersebut.

"Dengan adanya dana IPO, GMF akan tumbuh tanpa dana dari Garuda Indonesia. Jadi mereka akan tumbuh mandiri. Tentunya kami akan melakukan pengawasan," pungkas dia.

Sekadar informasi, pada semester I tahun 2017 GMF meraih pendapatan mencapai Rp 2,626 triliun. GMF pun menargetkan pendapatan tahun 2017 sebesar Rp 5,51 triliun. Adapun GMF menargetkan laba bersih 2017 sebesar Rp 757,9 miliar.

PenulisAchmad Fauzi
EditorBambang Priyo Jatmiko

Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM