Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perusahaan China Siapkan Dana Besar untuk Investasi Energi di NTT

Kompas.com - 12/09/2017, 10:35 WIB
Sigiranus Marutho Bere

Penulis

KUPANG, KOMPAS.com - Perusahaan asal China Fortun Sea Goup (Fuhai), saat ini telah menjajaki kerja sama dengan PT Binusindo Energi Indonesia, dalam hal investasi energi di wilayah Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT).

President Director PT Binusindo Energi Indonesia, Fabianus Bessie Banase mengaku, telah melakukan pertemuan dengan petinggi asal Perusahan Fuhai, saat kunjungan puluhan pengusaha asal China yang didampingi Konsulat Jenderal China di Denpasar, Hu Yinquan pada pekan lalu.

"Tahap pembicaraan, mereka masih pelajari. Tapi mereka pada dasarnya ingin suport gas dan sebagainya dan mereka tertarik berinvestasi energi,"kata Fabianus kepada Kompas.com, Senin (11/9/2017) malam.

Menurut Fabianus, perusahaan asal China yang memiliki lahan 1.000 hektar di Jambi dan mempunyai pabrik baja terbesar kedua di Indonesia itu, siap mensuport dana tak terbatas.

(Baca: Presiden Jokowi Dorong Investasi Energi Non-fosil)

 

Fabianus mengatakan, alasan para investor asal China itu tertarik berinvestasi di Kupang, karena NTT merupakan daerah segitiga emas. Ke depan NTT akan menjadi provinsi petro dollar.

Sementara itu PT Binusindo Energi Indonesia sendiri lanjut Fabianus, merupakan perusahaan yang bergerak di bidang energi pertama di NTT dan bagian timur Indonesia.

Perusahaan ini dibangun di kawasan Industri Bolok, Kupang-NTT atau 20 kilometer arah Barat Kota Kupang, dengan luas areal mencapai 20 hektar lebih.

"Nilai investasinya sebesar Rp 1,5 triliun," kata Fabianus.

Menurut Fabianus, pembangunan Industri di bidang energi ini, sejalan dengan kebutuhan akan energi secara nasional yang terus meningkat dari tahun ke tahunnya.

Industri energi juga mendukung program-program pemerintah diantaranya tol laut, harga dan ketahanan energi nasional.

Serta, semangat NTT turut serta berpartisipasi secara aktif membangun negara Indonesia atau yang selalu didengungkan Gubernur NTT yakni bangun Indonesia mulai dari NTT.

"Industri energi ini juga untuk meningkatkan perekonomian, serta mengantisipasi pertumbuhan industri pariwisata, apalagi NTT saat ini menjadi destinasi baru dengan ditetapkan komodo sebagai tujuh keajaiban dunia baru," jelas putra asli Kabupaten Timor Tengah Utara itu.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com