Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Miliarder Ini Sempat Hidup Miskin

Kompas.com - 13/09/2017, 05:27 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber CNBC

NEW YORK, KOMPAS.com - Tidak semua orang terkaya di dunia lahir dengan bergelimang harta. Beberapa dari para miliarder yang saat ini memiliki kekayaan melimpah ternyata sempat mengalami hidup miskin.

Mengutip CNBC, Rabu (13/9/2017), berikut ini lima orang miliarder yang awalnya hidup dalam kemiskinan.

1. Oprah Winfrey

Presenter terkemuka dunia yang juga seorang pengusaha dan filantropi Oprah Winfrey saat ini memiliki kekayaan mencapai 3,1 miliar dollar AS. Namun, siapa sangka Winfrey dibesarkan oleh seorang ibu tunghal di Mississipi, dengan kondisi rumah tanpa pasokan air dan listrik.

"Memiliki kekayaan bukan berarti Anda membiarkan kekayaan memanfaatkan Anda, tapi Anda yang memanfaatkannya. Menjadi seseorang yang berasal dari kondisi sangat miskin, saya bisa memastikan pada Anda, bahwa semakin banyak uang yang Anda miliki, itu tidak mengubah Anda, kecuali Anda adalah orang yang didefinisikan oleh uang," kata Winfrey.

2. Howard Schultz

Pendiri jaringan gerai kopi Starbucks ini sekarang memiliki kekayaan 2,9 miliar dollar AS. Akan tetapi, Schultz terlahir bukan dari latar belakang kaya, melainkan sangat miskin.

Schultz menyatakan, sang ayah mengerjakan banyak pekerjaan yang tak menghasilkan uang maupun kehormatan. Namun, kesulitan yang dihadapi keluarga Schultz menjadi motivasinya untuk maju dan sukses seperti sekarang.

3. Ralph Lauren

Siapa tak kenal brand mode terkemuka Ralph Lauren yang menghadirkan busana polo shirt legendaris? Lauren saat ini memiliki kekayaan mencapai 5,9 miliar dollar AS dan menjadi salah satu ikon mode terkaya di dunia.

Namun, ketika kecil, saking miskinnya keluarga Lauren bahkan tidak memiliki uang untuk membeli pakaian. Ketika ia selalu memperoleh pakaian lungsuran kakak-kakaknya, Lauren termotivasi untuk mengubah nasib dan memperoleh apa yang diinginkan dengan jerih payah sendiri.

4. John Paul Dejoria

Dejoria adalah pendiri perusahaan minuman tequila kenamaan Patrón Spirits Co dan perusahaan perawatan rambut Paul Mitchell Systems. Kini, Dejoria memiliki kekayaan mencapai 3,3 miliar dollar AS.

Namun, siapa sangka bahwa ia pernah tinggal di panti asuhan dan hidup sangat miskin. Bahkan, sebelum memulai usaha, Dejoria sempat menjadi tunawisma.

5. JK Rowling

Rowling adalah penulis novel tersohor Harry Potter yang begitu laris di pasaran. Dengan popularitas Harry Potter yang mendunia, Rowling kini merupakan penulis terkaya di dunia dengan kekayaan mencapai 1 miliar dollar AS.

Akan tetapi, sebelum menulis Harry Potter, Rowling adalah ibu tunggal yang membesarkan putrinya dalam kondisi miskin. Bahkan, ia rela tidak makan hanya demi sang putri bisa makan dan ada saat di mana Rowling tidak memiliki uang sepeserpun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNBC
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com