Kreasi dan Inovasi Digital Mampu Dorong Pertumbuhan Ekonomi Indonesia - Kompas.com

Kreasi dan Inovasi Digital Mampu Dorong Pertumbuhan Ekonomi Indonesia

Sakina Rakhma Diah Setiawan
Kompas.com - 13/09/2017, 14:30 WIB
- -

JAKARTA, KOMPAS.com - Inovasi dan kreativitas sangat diperlukan untuk mendirikan usaha berbasis digital.

Setiap orang bisa saja menjadi pelaku usaha rintisan digital dengan mengandalkan kemudahan teknologi, namun tanpa inovasi dan kreativitas, maka hasilnya tak optimal.

Direktur PT Bank Central Asia Tbk Henry Koenaifi menjelaskan, pihaknya mencermati saat ini perkembangan ekonomi digital sangat pesat.

Ia pun meyakini, ekonomi digital dapat mendorong akselerasi pertumbuhan ekonomi Indonesia.

(Baca: Tiga Fokus Ini Syarat Majukan UKM Kreatif)

"Kami mencermati perkembangan usaha rintisan belakangan ini sangat berkembang pesar. BCA ingin agar setiap orang yang memiliki ide, inisiatif, inovasi, dan kreativitas dapat memanfaatkan perkembangan teknologi saat ini untuk menjadi entrepreneur," kata Henry pada konferensi pers Indonesia Knowledge Forum (IKF) VI di Menara BCA, Rabu (13/9/2017).

Dari sisi perbankan, imbuh Henry, BCA juga melakukan berbagai inovasi guna memberikan berbagai solusi dan layanan perbankan berbasis digital. Dengan demikian, nasabah dapat dengan mudah melakukan transaksi.

"Era semakin berubah ke arah digital dan BCA siap menjemput perubahan ini dengan mengeluarkan berbagai produk layanan berbasis teknologi yang memungkinkan nasabah menggunakannya secara aman dan nyaman," ungkap Henry.

Dengan latar belakang tersebut, BCA menggelar IKF VI dengan tema Elevating Creativity & Innovation Through Digital Collaboration. Acara ini akan digelar pada 3-4 Oktober 2017 mendatang di Ritz Carlton Pacific Place, Jakarta.

Sebanyak 23 pembicara akan hadir berbagi ilmu, pengalaman, serta inspirasi dalam mengembangkan dunia bisnis berbasis digital.

Pembicara antara lain Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, ekonom Faisal Basri, CEO McKinsey Indonesia Philia Wibowo, serta selebriti sekaligus investor Ashraf Sinclair.

Kompas TV Beragam jenis teknologi seperti pesawat dan kendaraan militer dihadirkan di acara yang digelar oleh Badan Ekonomi Kreatif.

PenulisSakina Rakhma Diah Setiawan
EditorAprillia Ika

Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM