Kumpul di DPR, Para Menko Minta Tambahan Anggaran Tahun Depan - Kompas.com

Kumpul di DPR, Para Menko Minta Tambahan Anggaran Tahun Depan

Yoga Sukmana
Kompas.com - 13/09/2017, 15:35 WIB
Gedung MPR/DPR RI di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (19/7/2017).KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG Gedung MPR/DPR RI di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (19/7/2017).

JAKARTA, KOMPAS.com – Jajaran menteri koordinator (Menko) di Kabinet Kerja menyambangi Gedung DPR untuk menggelar rapat dengan Badan Anggaran DPR, Rabu (13/9/2017).

Mereka adalah Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, Menko Polhukam WIranto, dan Menko PMK Puan Maharani.

Keempatnya kompak mengajukan tambahan anggaran kementerian masing-masing untuk tahun depan. Darmin misalnya, mengusulkan anggaran Rp 533,1 miliar rupiah di APBN 2018.

Angka ini lebih besar dari anggaran seruapa di APBN Perubahan 2017 yang hanya sebesar Rp 463 miliar.

(Baca: Penghematan Anggaran Pemerintah Dipertanyakan)

Permintaan tambahan anggaran itu diajukan lantaran Kantor Menko Perekonomian mengatakan ada sejumlah penugasan yang diberikan tahun depan.

Mulai dari pengambangan e-commerce, TPID, hingga pemerataan ekonomi. Menko Luhut Binsar Pandjaitan meminta anggaran Rp 300 miliar pada tahun depan.

Angka ini sama dengan anggaran di APBN Perubahan 2017. Adapun Wiranto meminta anggaran Rp 343 miliar, naik Rp 60 miliar dari anggaran tahun lalu.

Kenaikan anggaran ini salah satunya untuk membangun lapas baru. Sementara Menko Puan meminta anggaran Rp 382 miliar. Dila dibandingkan dengan APBN Perubahan 2017, maka anggaran itu mengalami kenaikan Rp 60,4 miliar.

Kompas TV Rapat Paripurna DPR Tanpa Setya Novanto

PenulisYoga Sukmana
EditorAprillia Ika

Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM