Minggu Depan, Bekasi Punya 3 Kilometer Jalan Aspal Plastik - Kompas.com

Minggu Depan, Bekasi Punya 3 Kilometer Jalan Aspal Plastik

Yoga Sukmana
Kompas.com - 13/09/2017, 16:29 WIB
Menko Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, di kantor Kemenko Kemaritiman, Jakarta Pusat, Jumat (21/7/2017).Kompas.com/Kurnia Sari Aziza Menko Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, di kantor Kemenko Kemaritiman, Jakarta Pusat, Jumat (21/7/2017).

JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan memastikan, Bekasi akan menjadi kota selanjutnya yang memiliki aspal jalan dengan campuran plastik di Indonesia.

Sebelumnya pada Juli 2017 lalu, uji coba aspal plastik sudah dilakukan di Bali. Saat itu total panjang jalan yang dilapisi aspal plastik mencapai 1 kilometer (km) dengan lebar 7 meter.

“Minggu depan kami akan coba di Bekasi sepanjang 3 km dengan lebar sama (dengan di Bali),” ujar Luhut saat rapat dengan Badan Anggaran DPR, Jakarta, Rabu (13/9/2017).

Hanya saja Luhut tak merinci lokasi pasti penggunaan aspal plastik itu. Namun ia memastikan penggunaan aspal yang dicampur dengan limbah plastik akan memberikan banyak manfaat.

(Baca: Indonesia Mulai Bangun Jalan Aspal dengan Limbah Plastik)

Manfaat itu antara lain mambuat biaya pengaspalan menjadi turun hingga 10 persen. Daya tahan aspalpun akan lebih bagus lantaran aspal dengan dengan campuran plastik akan lebih lekat.

Selain itu tutur Luhut, penggunaan plastik untuk aspal juga menjadi salah satu solusi untuk mengurangi sampah plastik yang sulit terurai. Bahkan, sampah plastik sudah memenuhi sungai hingga laut.

“Kalau ini semua jalan, kami dengan Pak Menteri PUPR sepakat kantong plastik itu akan kita campur dengan aspal ini akan memudahkan maintenance membersihkan laut,” kata Luhut.

PenulisYoga Sukmana
EditorAprillia Ika
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM