Kerja Sama dengan Fintech, Ini yang Dilakukan BCA - Kompas.com

Kerja Sama dengan Fintech, Ini yang Dilakukan BCA

Sakina Rakhma Diah Setiawan
Kompas.com - 13/09/2017, 19:02 WIB
Ilustrasi Fintechthinkstockphotos Ilustrasi Fintech

JAKARTA, KOMPAS.com - Perkembangan teknologi mendorong menjamurnya layanan keuangan berbasis teknologi (financial technology/ fintech). Kehadiran fintech kerap kali dipandang dapat mendisrupsi produk dan layanan perbankan.

Namun demikian, sebenarnya fintech dan perbankan dapat saling membutuhkan dan melengkapi. Ketimbang saingan, keduanya dapat berkolaborasi dalam melayani masyarakat memenuhi kebutuhan finansialnya.

PT Bank Central Asia Tbk menyatakan tidak menutup diri terhadap kolaborasi dengan fintech. Executive Vice President Strategic Information Technology BCA, Hermawan Thendean menyebutkan, pihaknya telah melakukan berbagai inisiatif untuk berkolaborasi dengan fintech.

(Baca: Hubungan Saling Membutuhkan antara Perbankan dan Fintech)

Salah satu inisiatif tersebut adalah peluncuran Application Program Interface (API). Dengan layanan ini, pelaku fintech maupun e-commerce dapat terkoneksi dengan layanan perbankan BCA.

"Terdapat berbagai informasi yang dapat digunakan, seperti transfer, mutasi rekening, lokasi ATM, pembayaran Sakuku, dan API lainnya demi menjawab kebutuhan dunia fintech saat ini," ujar Hermawan di Menara BCA, Rabu (13/9/2017).

Dari sisi pembiayaan, BCA juga telah meluncurkan Central Capital Ventura (CCV). Perusahaan modal ventura ini dibentuk bersama dengan BCA Finance.

Hermawan menyatakan, melalui perusahaan modal ventura tersebut, BCA akan menginvestasikan dana Rp 200 miliar untuk startup fintech yang diharapkan dapat membantu layanan finansial mereka.

"Selain membuka API, kami membuat CCV untuk memberi pendanaan. Kami akan investasi di situ," jelas Hermawan.

PenulisSakina Rakhma Diah Setiawan
EditorMuhammad Fajar Marta
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM