Benarkah Toko Online Jadi Penyebab Berkurangnya Pengunjung Mal? - Kompas.com

Benarkah Toko Online Jadi Penyebab Berkurangnya Pengunjung Mal?

Achmad Fauzi
Kompas.com - 16/09/2017, 16:34 WIB
Suasana Mal Metro Pasar Baru, Jakarta Pusat, Sabtu (16/9/2017)KOMPAS.com/ACHMAD FAUZI Suasana Mal Metro Pasar Baru, Jakarta Pusat, Sabtu (16/9/2017)

JAKARTA, KOMPAS.com - Kini seseorang tak perlu datang ke toko atau pusat perbelanjaan untuk memberi barang yang diinginkan.

Berbagai barang bisa diperoleh tanpa harus beranjak dari rumah dengan maraknya berbagai situs dan toko online di Indonesia.

Bisa jadi, maraknya toko online ini membuat pergeseran dalam budaya berbelanja masyarakat Indonesia yang berdampak pada sepinya berbagai pusat perbelanjaan.

Namun, apakah keberadaan toko online memang menjadi penyebab sepinya mal? Untuk melihat kondisi pusat perbelanjaan di Jakarta, Kompas.com mengunjungi salah satu mal di Jakarta Pusat yakni, Metro Pasar Baru.

Baca: Pedagang Mangga Dua Mall Keluhkan Sepinya Pengunjung

Berdasarkan pantauan Kompas.com, mal tiga lantai ini tidak begitu ramai didatangi pengunjung. Pengunjung yang datang lebih banyak hanya melihat-lihat barang di sebuah toko.

Salah seorang pedagang, Andre (31) mengatakan, sepinya pengunjung di Metro Pasar Baru telah terjadi selama tiga bulan belakangan.

Pedagang pakaian ini menjelaskan, hanya langganan saja yang setiap hari mengunjungi tokonya. 

"Ini sepi semenjak habis Lebaran. Sekarang enggak bisa mastiin. Kadang sepi, kadang ramai. Padahal ini hari Sabtu, biasanya ramai," ujar Andre saat diwawancarai, Sabtu (16/9/2017). 

Akan tetapi, Andre tidak mengetahui penyebab sepinya pengunjung di Metro Pasar Baru. Namun, dia tidak menampik keberadaan toko online mempengaruhi jumlah pengunjung sebuah mal.

" Toko online berpengaruh juga. Jadi yang datang ke sini paling langganan saja. Dulu bisa rata-rata bisa 100 pembeli setiap hari di toko saya, tetapi sekarang hanya 30 pembeli setiap hari," tambah dia.

Sementara itu, seorang pengunjung, Andri (29) menyatakan, memang akhir-akhir ini Metro Pasar Baru agak sepi. Andri berkunjung ke Metro Pasar Baru untuk menemani istri berbelanja pakaian. 

"Di sini enggak sampe membludak. Enggak tahu kenapa, mungkin kalah sama mal besar atau mungkin karena adanya toko online," ujar Andri.

Baca: Bertahan dari Serbuan Toko "Online", Peritel Ini Gunakan Trik Bisnis Kuno

Menurut Andri, keberadaan toko online amat berpengaruh terhadap pengunjung mal. Karena, tambah dia, barang yang dijual di toko online sudah cukup beragam dan harganya  terjangkau. 

"Kalau saya sih tergantung. Kalau murah toko online ya beli, tetapi kalau beli elektronik saya tetap milih beli di toko. Soalnya bisa dicoba," kata dia. 

PenulisAchmad Fauzi
EditorErvan Hardoko
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM