Ada Skytrain, Shuttle Bus Bandara Soekarno-Hatta Tetap Beroperasi - Kompas.com

Ada Skytrain, Shuttle Bus Bandara Soekarno-Hatta Tetap Beroperasi

Pramdia Arhando Julianto
Kompas.com - 17/09/2017, 14:32 WIB
Sebuah skytrain yang mengangkut penumpang saat uji coba di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Jumat (15/9/2017). Kereta layang tanpa awak ini akan resmi beroperasi pada Minggu (17/9/2017), dan untuk sementara akan melayani penumpang dari Terminal 2 menuju Terminal 3 dan sebaliknya.ANTARA FOTO/MUHAMMAD IQBAL Sebuah skytrain yang mengangkut penumpang saat uji coba di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Jumat (15/9/2017). Kereta layang tanpa awak ini akan resmi beroperasi pada Minggu (17/9/2017), dan untuk sementara akan melayani penumpang dari Terminal 2 menuju Terminal 3 dan sebaliknya.

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin memastikan, shuttle bus gratis antar-terminal tetap disediakan untuk melayani penumpang di samping beroperasinya Skytrain.

"Jadi bus tidak otomatis kami hentikan, bus (tetap) kita operasikan," ujar Awaluddin di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Minggu (17/9/1017).

Sebelumnya, penumpang hanya bisa menggunakan layanan berupa shuttle bus gratis, taksi, hingga kendaraan pribadi. Kini, ada pilihan tambahan berupa kereta antar terminal atau Skytrain.

Layanan Automated People Mover System (APMS) atau Skytrain di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang memberikan kemudahan dan kecepatan kepada penumpang pesawat jika ingin melakukan perpindahan terminal.

Baca: Kata Penumpang soal Pengalaman Pertama Naik Skytrain di Bandara Soetta

Untuk menumpang Skytrain ini, penumpang cukup menuju shelter Skytrain yang tersedia di setiap terminal penumpang dengan waktu tunggu maksimal lima menit.

Kompas.com berkesempatan mencoba operasional perdana Skytrain dari Terminal 3 menuju Terminal 2 dengan jarak tempuh 1,7 kilometer. Hanya dalam waktu 3 menit, Skytrain tiba di Terminal 2.

Dalam sekali perjalanan, ada dua rangkaian Skytrain yang melayani penumpang dengan kapasitas maksimal 176 orang. Sedangkan jika menggunakan shuttle bus, penumpang harus menunggu selama kurang lebih 10 sampai 15 menit.

Baca: Akhir 2017, Kereta Bandara dan Skytrain Soekarno-Hatta Beroperasi Full

Pada tahap pertama, Skytrain hanya beroperasi pada rute Terminal 3 menuju Terminal 2 dan sebaliknya, sedangkan, untuk keseluruhan bandara ditargetkan sudah bisa dinikmati penumpang pada akhir 2017 mendatang.

Kemudian pada 2019 mendatang, Skytrain juga akan bersinggah di Terminal 4 yang akan dibangun pada tahun yang sama.

"Waktu tempuhnya pendek, kapasitas besar. Waktu tunggu 5 menit, per stasiun (terminal) 3 menit," ujarnya.

Baca: Naik Skytrain, Terminal 3 ke Terminal 2 Bandara Soetta Hanya 3 Menit

Untuk jam operasional pada tahap awal, Skytrain tidak beroperasi selama 24 jam, namun hanya beroperasi pada jam-jam dengan intensitas kepadatan penumpang yang tinggi.

"Rekomendasi Kementerian Perhubungan durasi operasi jadi jam 07.00-10.00, kemudian 12.00-14.00, dan jam 17.00-19.00," ujarnya.

Kompas TV Untuk tahap awal, skytrain belum beroperasi secara penuh. Faktor keselamatan menjadi perhatian sebelum skytrain dioperasikan.

PenulisPramdia Arhando Julianto
EditorAna Shofiana Syatiri

Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM