Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Kebiasaan Keuangan Warren Buffett Ini Bisa Bikin Anda Cepat Kaya

Kompas.com - 18/09/2017, 06:30 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

NEW YORK, KOMPAS.com - Siapa tidak kenal Warren Buffett? Ia adalah investor kenamaan yang juga merupakan salah satu orang terkaya di dunia.

Buffett dikenal karena keahlian dan kejeliannya dalam berinvestasi hingga memperoleh keuntungan besar. Untuk memperoleh kekayaan pun, banyak kiat yang beredar, namun kebiasaan keuangan Buffett bisa Anda tiru.

Mengutip Readers Digest, Senin (18/9/2017), 4 kebiasaan Buffett ini patut ditiru untuk memperoleh kekayaan.

1. Berpikir seperti wirausahawan

Semangat wirausaha yang dimiliki Buffett membantunya dalam menemukan kesempatan untuk memperoleh tambagan kekayaan. Apapun pekerjaan Anda, jika Anda butuh kekayaan tambahan, pasti selalu ada kesempatan untuk melakukannya.

2. Investasi

Salah satu kesempatan yang dimaksud adalah dengan berinvestasi. Hampir seluruh kekayaan Buffett berasal dari investasi, yang nyatanya bisa dilakukan oleh siapa saja, tanpa peduli berapa usia Anda atau pendapatan Anda.

3. Minimalkan pinjaman

Terus-menerus meminjam uang akan membuat Anda rugi dan merupakan salah satu kesalahan terburuk dalam keuangan. Belajar dari pengalaman Buffett, meminjam uang hanya dilakukan saat "kepepet," atau ketika Anda benar-benar harus melakukannya.

4. Belanja sesedikit mungkin

Yang harus dilakukan adalah mengidentifikasi kebutuhan Anda dan apa yang bisa Anda pangkas dari bujet Anda. Belanja lebih sedikit dari pendapatan dapat membuat Anda lebih banyak menabung dan berinvestasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com