Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Panasonic Ingatkan Kembali Perlindungan Lapisan Ozon

Kompas.com - 18/09/2017, 13:37 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Pada Hari Ozon Internasional yang jatuh tiap 16 September, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menyerukan kembali pentingnya lapisan ozon bagi kehidupan manusia. Menurut laman BBC.com, ozon penting karena menghalangi radiasi ultraviolet yang berbahaya dari matahari.

Catatan laman itu menunjukkan bahwa Protokol Montreal pada 1987 menjadi salah satu momentum kepedulian untuk mengurangi pemakaian chlorofluorocarbons (CFCs) dan HCFC (hydrochlorofluorocarbons) yang mengeluarkan  molekul mengandung klorin dan brom perusak ozon. CFCs lazim digunakan pada produk pendingin udara dan kulkas.

Terkait perlindungan terhadap ozon ini, Panasonic melalui rilisnya, pada Minggu pekan lalu mengatakan tetap memberi dukungan pada perlindungan ozon. "Kami berinovasi pada produk elektronik ramah lingkungan. Salah satunya AC," kata Presiden Direktur PT Panasonic Gobel Indonesia (PGI) Hiroyoshi Suga. (Baca: Panasonic Anggap Penting Edukasi Hidup Sehat di Indonesia)

Sejak Januari 2015, Panasonic meluncurkan produk AC yang menggunakan refrigerant atau sering dikenal sebagai freon bernama R32. Freon ini adalah produk yang tidak mengandung HCFC (non-HCFC). "Semua AC Panasonic telah mendapatkan label Non-HCFC dari pemerintah,” kata Heribertus Ronny, Assistant General Manager PT PGI untuk produk AC.

Ronny menambahkan pada 13-17 September 2017, pihaknya melakukan edukasi kepada masyarakat tentang Hari Perlindungan Lapisan Ozon Sedunia. Lokasinya ada di  Main Atrium Mall Taman Anggrek, Jakarta.  (Baca: Seperti Ini Optimisme Panasonic Indonesia)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com