Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BI Ingin Biaya Top Up Uang Elektronik Seragam

Kompas.com - 19/09/2017, 16:41 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam waktu dekat, Bank Indonesia (BI) akan menerbitkan aturan terkait biaya isi ulang (top up) uang elektronik.

Gubernur BI Agus DW Martowardojo mengungkapkan, aturan tersebut dirilis agar biaya yang dikenakan dapat seragam.

Menurut Agus, pihaknya saat ini masih melakukan finalisasi aturan. Aturan tersebut bakal segera disosialisasikan setelah diterbitkan, sehingga tidak menimbulkan kegaduhan.

"Nanti akan dikeluarkan aturan tentang e-money (uang elektronik)," kata Agus di sela-sela acara Indonesia Banking Expo (IBEX) 2017 di Jakarta Convention Center (JCC), Selasa (19/9/2017).

Terkait top up, imbuh Agus, ada fasilitas off-us dan on-us. Fasilitas off-us adalah isi ulang uang elektronik melalui fasilitas bank lain, sementara fasilitas on-us adalah isi ulang uang elektronik melalui jaringan bank penerbit.

"Top up yang dilakukan di bank lain sangat beragam, beragam itu tentu perlu penyelarasan. Yang paling utama BI perhatikan adalah perlindungan konsumen, serta meyakinkan sistem itu tidak menciptakan rente ekonomi," ungkap Agus.

Saat ini fasilitas top up melalui fasilitas lain dikenakan biaya antara Rp 2.000 hingga Rp 3.000. Oleh karena itu, bank sentral selaku otoritas sistem pembayaran membuat aturan agar biaya yang dikenakan tidak membebani masyarakat.

"Nanti kalau BI keluarkan aturan tentang top up, yang kami beri perhatian e-money yang off us, yang antar bank. Sekarang Anda mau top up e-money di convenience store kena Rp 3.500, nanti kami atur maksimum tertentu," terang Agus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com