Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dirut BCA: Ada Fintech yang Bisa Dijadikan Sahabat

Kompas.com - 19/09/2017, 19:00 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – Menjamurnya layanan keuangan berbasis teknologi atau financial technology (fintech) tak selalu dianggap pesaing tau musuh perbankan.

Direktur PT Bank Central Asia (BCA) Tbk Jahja Setiaatmadja menilai fintech justru bisa dijadikan rekan untuk kolaborasi dalam hal bisnis.

Fintech saya kira ada yang bisa dijadikan sahabat,” ujarnya dalam acara Indonesia Banking Expo (IBEX) di JCC, Jakarta, Selasa (19/9/2017).

Menurut Jahja, contoh fintech yang bisa dijadikan sahabat perbankan yaitu fintech yang memiliki penawaran produk fisik, misalnya isi ulang pulsa secara online.

(Baca: Kerja Sama dengan Fintech, Ini yang Dilakukan BCA)

Fintech seperti itu tutur dia, justru masih berpeluang membuka akun perbankan untuk menampung hasil penjualan pulsa yang dilakukan.

“Jadi yang kami gandeng adalah para penjual pulsa yang transaksinya besar. Ini harus kami pilah mana yang enemy mana yang challenger,” kata Jahja.

Sebelumnya, BCA melakukan berbagai inisiatif untuk berkolaborasi dengan fintech. Salah satu inisiatif tersebut adalah peluncuran Application Program Interface (API).

Dengan layanan ini, pelaku fintech maupun e-commerce dapat terkoneksi dengan layanan perbankan BCA.

Kompas TV Untuk membahas lebih lengkap soal sinergi bank dan Fintech, sudah hadir product and customer experience BTPN WOW, Achmad Nusjirwan Sugondo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com