Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Investor Antusias Sambut EBA Anak Usaha PLN

Kompas.com - 20/09/2017, 11:45 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Anak usaha PT PLN (Persero), PT Indonesia Power (IP), melakukan sekuritisasi Efek Beragun Aset (EBA) dengan nama EBA Danareksa Indonesia Power PLN1-piutang Usaha (EBA DIPP1). Para investor menyambut EBA DIPP1 dengan antusias.

Hal ini dibuktikan dengan kelebihan permintaan (oversubscribed) mencapai Rp 10,05 triliun dari target Rp 4 triliun.

“Permintaannya oversubscribe 2,7 kali,” ujar Direktur Utama Bursa Efek Indonesia (BEI), Tito Sulistio di BEI, Jakarta, Rabu (20/9/2017).

Pada tahap awal, nilai EBA ditawarkan sebesar Rp 4 triliun dengan aset dasar disekuritisasi adalah aset keuangan yang merupakan bagian dari piutang penjualan ketenagalistrikan PLTU Suralaya 1-4.

(Baca: Bidik Bisnis Gas Bumi, PLN Bakal Bangun 7 Terminal LNG)

 

Adapun penerbitan EBA DIPP1 ini merupakan rencana strategis IP untuk melakukan sekuritisasi EBA sebanyak-banyaknya Rp 10 triliun secara bertahap hingga akhir 2018 mendatang.

Selain itu, penerbitan EBA juga sebagai salah satu upaya Indonesia Power agar mendapatkan sumber pendanaan untung mendukung program 35.000 MW.

Menteri BUMN Rini Soemarno memastikan, penerbitan EBA DIPP1 bukanlah yang terakhir. Tahun depan tutur dia, sejumlah BUMN juga akan menerbitkan EBA.

“Ada beberapa, diteruskan lagi dari PLN ke Indonesia Power kemudian akan ada lagi dari Jasa Marga,” kata Rini.

Kompas TV Tak Terjangkau PLN, Warga Ciptakan PLTA Sendiri

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com