Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BRI Syariah Berencana Terbitkan Uang Elektronik

Kompas.com - 20/09/2017, 17:47 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat ini ada 10 bank yang menjadi bank penerbit uang elektronik. PT Bank BRI Syariah pun menyatakan bakal turut menjajaki bisnis uang elektronik.

Direktur Utama BRI Syariah M Hadi Santoso mengakui, pihaknya belum memiliki infrastruktur yang cukup memadai untuk menerbitkan uang elektronik. Oleh sebab itu, pihaknya akan menggandeng induk usahanya, yakni PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk.

Dengan demikian, produk uang elektronik yang akan diterbitkan BRI Syariah adalah berupa produk co-branding dengan uang elektronik Brizzi milik BRI.

"Kami harus selaraskan sistem IT (teknologi informasi) dulu. Ini yang belum bisa untuk uang elektronik BRI," kata Hadi di sela-sela ajang Indonesia Banking Expo (IBEX) 2017 di Jakarta Convention Center (JCC), Rabu (20/9/2017).

Hadi menyatakan, pihaknya menargetkan penerbitan uang elektronik tersebut dapat dilakukan pada tahun 2017. Ini sejalan dengan elektronifikasi pembayaran di gerbang tol yang diberlakukan bulan depan.

Corporate Secretary BRI Hari Siaga Amijarso menuturkan, perseroan kini tengah melakukan pembaruan pada sistem TI. Tujuannya adalah untuk mengantisipasi anomali jaringan yang berdampak pada konektivitas.

"Kami lagi perbaharui seluruhnya, supaya tidak terulang lagi kejadian seperti kerusakan satelit, salah satunya di sistem uang elektronik," jelas Hari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com